Kesehatan

Tambah Lagi 104 Positif Covid-19 Di Klaster Silaturahmi Cilangkap

(news.detik.com; Berita terlambat tapi masih relevan untuk diwaspadai)-JAKARTA; Jumlah kasus positif di klaster silaturahmi Lebaran di Cilangkap, Jaktim bertambah lagi. Kini, ada 104 orang di RT 03 RW 03 Cilangkap yang positif Corona.

“Sampai hari itu terkonfirmasi positif ada 104. Yang sudah swab warga RW 3 RW 3, 686 orang,” kata Ketua RW 03 Cilangkap, Rosadi saat dikonfirmasi via telepon (23/5/2021).

Dari 691 warga di lingkungan RT 03, hanya 1 warga belum menjalani swab tes. Satu keluarga memilih melakukan swab tes di yang diadakan oleh kantornya.

“Semua sudah di-swab tinggal 1 orang mungkin besok di Puskesmas,” jelasnya. Dan 45 warga OTG hingga bergejala ringan di bawa ke RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakut. Warga bergejala berat dirujuk ke RS tipe D terdekat. Sisanya ada yang isolasi mandiri di rumah.

Masih Micro Lockdown

Rosadi juga memastikan kawasan RT 3 RW 3 Cilangkap masih memberlakukan micro lockdown, mengingat lebih dari 5 rumah ada temuan kasus COVID-19. Setelah 14 hari, pihaknya baru mengkaji perpanjangan penerapan micro lockdown di lingkungan RT-nya.

“Micro lockdown tetap 14 hari karena zona merah. Kita pantau dan evaluasi, kalau yang di rumah tidak ada gejala dan keluhan lagi, kita bisa evaluasi untuk masalah lockdown. Tetap 14 hari lockdown,” ujarnya.

Penyebab Klaster Corona

Sebelumnya, warga di RT 03 RW 03Cilangkap, Jaktim, terkonfirmasi positif COVID-19. Pihak Kecamatan Cipayung mengatakan puluhan warga terjangkit virus Corona karena menggelar silaturahmi Idul Fitri 2021.

“Terakhir 80 orang. Lagi dimapping berapa KK (keluarga). Tapi itu dari 700an jiwa yang tinggal di situ,” kata Camat Cipayung Fadjar Eko Satrio saat dihubungi, (21/5/2021).

“Klaster kampung istilahnya karena satu kampung, dalam keluarga besar, saat Lebaran, silaturahmi. Mungkin nggak tahu kalau yang dikunjungi atau saling mengunjungi ini saling sakit,” sambungnya.

Hal senada disampaikan Wagub DKI, Ahmad Riza Patria. Warga satu RT yang positif Corona bersamaan itu diduga tertular saat silaturahmi Lebaran.

“Soal 80 ditemukan di Cipayung, diduga akibat warga yang berkunjung silaturahmi lebaran satu sama lain sehingga 1 RT, di RT 003 RW 003 di Cilangkap itu tertular dan sudah dibawa ke Wisma Atlet,” kata Riza di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Jumat (21/5/2021).

(imk/imk; Tiara Aliya Azzahra;  Bahan dari  : https://news.detik.com/berita/d-5579840/tambah-lagi-104-orang-positif-corona-di-klaster-silaturahmi-lebaran-cilangkap)-FatchurR *

 

*** Sahabat yang umumnya Lansia atau jelang Lansia :

1-Bahwa Covid-19 belum ada obatnya.

2-Marilah kita disiplin untuk tetap dirumah, sesuai anjuran YakesTel, jika tidak sangat perlu. Jika kalau harus keluar rumah, silahkan Bermasker, jaga jarak  dan tangan  bersih (idealnya bawa hand sanitizer)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close