Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Anggota KJS BLA Ikut Kelas OR Virtual YWC (Kamis 19-08-2021) Dan Mengelola Stres

Beberapa Anggota Klub BLA ikutan Reahabilitasi Olah raga yang dilaksanakan hari Kamis tanggal 19/8/2021 pkl. 07.30. Semoga tetap sehat selalu dan tetap semangat.

Kegiatan Senam Yoga Virtual Nasional Bersama YWC itu jumlah pesertanya relative sedikit yaitu 5 orang dari KJS BLA. Yaitu :

1-Djuhana/500067.000

2-Tatang Kartiwa/490347.000

3-Sumariswati

4-Esih/500825.100

5-Entin Rustini/640498.000

Tentu Anda berpikir lho kok sedikit ? Penyebabnya tidak tertutup  kemungkinan karena Link Akses  salah, sehingga masuk ke kelas Senam yang berbeda namun masih dalam lingkup Yakes atau sama sekali gagal karena memang keliru. Kegagalan mengabibatkan Anda Stres karenanya?

Gak usah lah Ya. Cobalah ikuti cuplikan dari suatu sumber berikut ini hal hal yang berkaitan stress. Bahwa Stres itu reaksi tubuh saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan atau karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Situasi itu memicu respon tubuh, fisik atau mental. Respon pada stres dapat berupa napas dan detak jantung cepat, otot jadi kaku, dan tekanan darah meningkat.

Stres sering dipicu oleh tekanan batin misalnya masalah keuangann, atau kegagalan ikut senam seperti kasus tadi.  dll. Stres juga bisa dipicu penyakit yang diderita. Punya keluarga yang mudah stres, akan membuat orang itu juga lebih mudah stres.

Setiap insan, tenttu pernah stres. Kondisi ini tidak selalu membawa efek buruk dan anya bersifat sementara. Stres akan berakhir saat kondisi yang menyebabkan tekanan itu dilewati.

Stres berkepanjangan mengganggu kesehatan fisik dan melemahkan daya tahan tubuh. Stres juga dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan dan sistem reproduksi. Orang stres berkepanjangan juga akan mengalami gangguan tidur.

Gejala stres

Gejala seseorang mengalami stres  berbeda-beda, tergantung penyebab dan cara menyikapinya. Stres dapat dibedakan gejalanya :

a-Gejala emosi, misalnya suasanna hati mudah berubah dll

b-Gejala fisik :  Lemas, pusing, gangguan pencernaan dsb

c-Gjala Kognitif : Sering lupa, sulit meemusatkan perhatian dll

d-Gejala perilaku : Tidakmau makan atau akan berlebihann dsb

Penyebab Stres

Saat menghadapi kondisi pemicu stres, tubuh bereaksi alami, melepas hormon kortisol dan adrenalin. Reaksi ini baik untuk membantu menghadapi situasi yang mengancam, sehingga bisa keluar dari situasi itu.

Stres ittu sulit dihindari. Yang terpenting cara mengatasinya, karena bila stres berkepanjangan, dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Penanganan stres

Bila kita tak dapat mengatasi stres dan baik dan stres jadi berkepanjangan, berberkonsultasilah ke dokter. Atau bisa saja anda bisa berkonsulltasu melalui acara Kopi Cinta (Konsultasi Psikologi) yang diselenggarakan Yakes. Terlebih bila stres berulang hingga menyebabkan gejala fisik.

Metode penangan stres mencakup perubahan gaya hidup, teknik relaksasi, serta psikoterapi.

Perubahan gaya hidup tersebut meliputi:

  • Berolahraga secara teratur
  • Menerapkan pola makan gizi seimbang
  • Membatasi konsumsi kafein dan Menghindari konsumsi alkohol dan NAPZA
  • Cukup tidur
  • Berkegiatan menyenangkan hati, misalnya menonton acara di internet / TV

 Selain perubahan gaya hidup, upaya penanganan stres juga dapat dilakukan dengan melakukan teknik relaksasi yang dapat meredakan stres, misalnya meditasi, aromaterapi, atau yoga. Karena itu jangan lupa ikut Yoga yang selama ini dipandu mas Diki Akbari, adalah pilihan gampang untuk menghillangkan stres.

Jadi marikita bergabung Bersama YWC Yakes Telkom; (Djuhana; KJS BLA Tegallega; Sumber : dr. Tjin Willy; 18-03-2019; https://www.alodokter.com/stres)-FatchurR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close