Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Kolaborasi Yakes dan P2Tel Gelar Webinar Kesehatan-Makan Sehat Jantung Kuat

(Kontributor : Suradi-Tangerang Selatan)-Beriringnya misi dan komitmen. Yakes Telkom selaku institusi layanan kesehatan internal Telkom disamping mengemban misi untuk menyediakan layanan kesehatan kepada keluarga besar Telkom, juga berkomitmen untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan karyawan, pensiunan beserta keluarganya.

Hari Jantung Dunia yang mengingatkan jantung kita.

Dalam rangkaian kegiatan memperingati hari Jantung Dunia pada tanggal 29 September 2021, Yakes berusaha menyampaikan informasi dan edukasi terkait kesehatan jantung kepada peserta Yakes khususnya para pensiunan beserta keluarganya.

Sebagai aktualisasi turut menyukseskan hari Jantung Dunia tersebut, kembali Yakes menyelenggarakan kegiatan webinar kesehatan dengan tema Makan Sehat Jantung Kuat secara online dan diikuti lebih dari 240 orang pengakses oleh para pensiunan Telkom di seluruh Indonesia sebagai upaya menebarkan manfaat dan kepentingan bersama.

Selain itu sebagai upaya melindungi dan memperkuat sistem kesehatan, menjaga produktivitas kerja dan aktivitas lainnya serta minimalisasi dampak sosial dan ekonomi akibat wabah pandemi covid-19 ini.

Doa yang terpanjatkan. 

Acara inipun terselenggara melalui proses ikhtiar panjang dengan melibatkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Sebagai perwujudan insan yang beriman dan bertaqwa maka acara ini diawali dengan iringan doa yang dipimpin oleh Suradi dari P2Tel Tangerang Selatan.

Ya Alloh ya Wahab, berkahilah dan ridhoilah rangkaian kegiatan webinar kesehatan dari sisi gizi  dengan tema Makan Sehat Jantung Kuat  ini sebagai rangkaian kegiatan memperingati hari Jantung Dunia guna menyampaikan informasi dan edukasi terkait kesehatan jantung kepada peserta Yakes khususnya pensiunan beserta keluarganya.

Acara webinar kesehatan bertema Makan Sehat Jantung Kuat ini dibuka oleh Ibu Rena Winasis dengan harapan hasil kegiatan webinar kesehatan ini merupakan sesi yang bermanfaat, aplikatif untuk diterapkan dalam keseharian dan langsung dapat merasakan manfaatnya. Mengingatkan kembali bahwa penyakit jantung hingga saat ini menjadi penyakit penyebab kematian nomor 1 di dunia.

Saat yang ditunggupun tiba.

Tibalah saat yang ditunggu peserta webinar kesehatan ini yaitu pemaparan dokter Endang Widyastuti M. Gzi, Sp. GK yang secara sekilas diperkenalkan bahwa dokter Endang Widyastuti dilahirkan di Jakarta, lulus S1 di Universitas Tri Sakti Jakarta dan melanjutkan S2 di Universitas Indonesia serta saat ini bekerja di beberapa rumah sakit  di Jakarta dan sekiatarnya.

Sebagai materi pembuka nara sumber menyampaikan fungsi jantung sebagai salah satu organ penting manusia. Adapun yang menjadi faktor risiko penyakit jantung adalah diabetes mellitus (keturunan, pola makan, gula darah tinggi), hipertensi (keturunan dan gaya hidup) dan  obesitas (hasil penelitian 8 orang dari 10 orang penderita Covid-19 meninggal karena obesitas).

Tentang obesitas ini sangat menarik dan unik karena banyak diantara kita yang mengalami obesitas ini sehingga nara sumber memberikan rasa optimis untuk bisa mensolusikannya dengan cara motivasi bisa menanggulangi obesitas, menyeimbangkan diet makanan dengan mengatur isi piringku dengan 4 unsur yaitu karbohidrat, lauk pauk, buah-buahan dan sayuran sebagai perwujudan polan makan yang seimbang.

Tidak kalah penting adalah langkah atau upaya lainnya untuk pengaturan jadwal makan (makan pagi, makan siang, makan malam, snack pagi, minuman cair dan  snack sore). Selain itu melakukan aktivitas fisik seperti jalan-jalan 4 kali selama 30 menit dalam setiap minggunya, hindari rasa stress dan hindari kebiasaan merokok dan hindari mengkonsumsi minuman beralkohol.

Peserta bertanya, narasumber menjawab.

Setelah selesai nara sumber memaparkan materinya maka acara dilanjutkan dengan acara tanya jawab dan langsung mendapat respon antusias melalui media chat dan raise hand atau bertanya secara langsung.

Respon nara sumber antara lain bagi penderita diabetes milletus untuk tetap menjaga jadwal makan, jenis makanan dan aktivitas fisik. Adapun cara untuk mengurangi lemak yang bersemayam di perut  adalah makan teratur dan berolahraga.

Sering kita merasa tergoda dan menentukan pilihan bila ke tempat hajatan pada aneka ragam makanan dan minuman sehingga saatnya kita menakar diri dengan proporsi makanan seperempat porsi karbohidrat, seperempat porsi  lauk pauk yang mengandung protein dan setengahnya adalah  sayuran. Adapun jenis obat herbal atau functional food seperti jahe, kunyit dan sejenisnya, baik untuk dikonsumsi.

Akhirnya di penghujung acara ini ditegaskan dalam closing statement nara sumber bahwa gaya hidup menjadi pilihan kita, sehat menjadi bekal di hari tua yang berbahagia, hindarkan perasaan stress, melakukan kontrol ke dokter sesuai dengan nasehat dokter, hindari perasaan takut dengan penyakit yang diderita dan semoga kita sehat yang diberkahi dan sejahtera .

Bunga mawar sungguh menawan.

Tumbuh di taman sungguh memikat.

Ikuti gelar webinar kesehatan.

Hasilnya sungguh sangat bermanfaat.

(Suradi-Nik. 611056-P2Tel Tangerang Selatan)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close