Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Info Yakes-Kasus Melandai Bukan Berarti Pandemi Usai

Kasus infeksi Covid-19 di Indonesia mulai melandai, terlihat dari penurunan kasus positif per harinya menjadi kurang dari 400 (update 12 November 2021).

Bahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) memasukkan Indonesia dalam kategori Level 1 atau risiko rendah penularan Covid-19. Sementara negara tetangga kita, Malaysia dan Singapura masuk ke Level 4 (risiko penularan sangat tinggi).

Meski demikian, bukan berarti kondisi Indonesia saat ini sudah aman dari bahaya penularan. Berikut 5 hal yang membuat kita harus tetap waspada terhadap munculnya gelombang ke-3 Covid:

Virus corona varian Delta Plus AY.4.2. yang ditengarai lebih cepat menular dan jadi perbincangan dunia sudah sampai sampai negara tetangga, Malaysia dan Singapura. Karakteristik varian Delta: lebih cepat menular, lebih mengikat reseptor sel paru-paru, berpotensi mengurangi respons antibodi.

2-Tingkat perlindungan vaksin Covid akan menurun seiring waktu (masa efektif kurang lebih 6 bulan) sehingga harus berhati-hati.

3-Status Indonesia yang masuk kategori Level 1 versi CDC menyatakan bahwa Indonesia aman untuk dikunjungi. Hal ini berpotensi membuka celah masuknya varian virus yang dibawa traveller.

4-Mobilitas warga saat ini sudah hampir kembali seperti keadaan pra pandemi. Ini menjadi potensi besar penularan yang masif di masyarakat.

5-Indonesia memiliki momentum rawan mobilitas, dalam waktu dekat ini adalah liburan Natal dan Tahun Baru yang berisiko terjadinya lonjakan kasus infeksi Covid.

Jadi, jangan lengah! Tetap lakukan 4 hal ini:

1-Disiplin menerapkan prokes 6M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, Membatasi mobilitas, Menghindari makan bersama.

2-Lindungi diri dengan vaksinasi

3-Terapkan pola hidup sehat

4-Selalu berdoa untuk kesehatan kita semua (karyawan TelkomGroup dan keluarga) serta agar Indonesia segera bebas dari pandemi.

Salam Sehat (Allen Yakes Pusat-Yakes Contact Center: 📞 15000 22; WA: 081 1 50 5000 22)- FatchurR *

====

referensi:

1-https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/travelers/map-and-travel-notices.html

2-https://nasional.kontan.co.id/news/kasus-melandai-as-masukkan-indonesia-ke-level-1-atau-risiko-rendah-covid-19

3-https://www.kompas.com/global/read/2021/10/13/181443070/efektivitas-vaksin-covid-19-akan-turun-seberapa-besar?page=all

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close