Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

KJS BLA Senam Wisata Sehat-2 Nimo Highland Dan Situ Cileunca(07-09-2022)

(Seri ke-2 Wisata Sehat ke Situ Cileunca)-Sebagai kelanjutan dari reportase Wisata Sehat KJS BLA ke Pangalengan. Kalau sebelumnya disajikan tentang Nimo Highland, berikutnya perjalanan diteruskan ke Situ Cileunca yang jaraknya 9 Km itu tapi ditempuh dalam waktu 35.

Sesuai perencanaan dalam Round Down acara sesanpai di Situ Cileunca diberikan pengumuman seperlunya bertalian wisata bebas di lokasi ini dan di programkan pada jam 16.00 rombongan kembali ke Bandung.

Setelah itu para peserta melakukan Ishoma (sholat di Masjid tidak jauh dari lokasi parker) dan makan siang di dekat pantai (balai balai) dan kita menyewa tikar untuk alas duduk lesehan istirahat dan makan.

Berlanjut dengan berfoto ria masing masing dan atau perahu mengitari danau (Situ)

Rupanya jam 15.32 semua peserta sudah berada diatas bis, dan setelah lengkap berdasarkan absensi, bis bergerak  menuju Bandung. Dan mendarat didekat  Kantor P2Tel Cabang Bandung Selatan yang juga STO Tegallega sekitar jam 18.30

Kini saatnya kita intip Sejarah dan sesuatu tentang Situ tersebut :

Agar ada gambaran bagi peserta lain, diinformasikan, Jarak Situ Cileunca dari Stasiun KA Kebun Kawung Bandung : 49 Km (agar diketahui bagi para calon Wisatawan, membayangkan jaraknya dari Transportasi umum). Jarak igtu dalam keadaan normal dapat ditempuh 35 menit, tentu jika lancer tanpa macet.

Konon Situ Cileunca tempo doeloe adalah kawasan hutan. Banyak ditumbuhi pohon dan semak-semak. Tidak ada yang berani ke hutan itu. Di malam hari, kawasan ini gelap dan menyeramkan. Sehingga hutan dibiarkan tanpa penghuni. Maksud dibangunnya danau untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat. Benar saja air bersih dimanfaatkan untuk mandi dan memasak.

Pemikat lokasiWisata  ini :

1-Memiliki Air bersih

2-Udaranya Sejuk

3-Lahannya luas dan dalam (hingga ) dengan kedalaman kurang lebih 17 meter.

4-Pemandangan hijau

Kesempatan yang tersedia yang sebagian dimanfaatkan peserta KJS BLA :

a-Naik perahu berkeliling danau

b- Rafting  (Peserta KJS BLA tidak ada yang mencoba, mungkin karena waktu yang terbatas

c-Outbond dan Camping ground (Tidak ada yang minat karena tidak ada rencana menginap)

d-Spot foto yang Instagramabel

Demikian sekilas gambaran tentang Wisata Sehat bagi KJS BLA  (Djuhana; KJS BLA Tegallega; dari berbagai sumber)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close