Kesehatan

Manfaat Kolang Kaling Untuk Tubuh

(Cuplikan dari www.alodokter.com)-Tak hanya segar dan nikmat, ada manfaat kolang-kaling yang patutu kita perhatikan. Buah ini mengandung banyak jenis nutrisi, sehingga baik untuk menjaga Kesehatan.

Kolang-kaling kerap diolah jadi hidangan pencuci mulut dan campuran es buah. Makanan putih bening dengan tekstur padat dan kenyal ini dari buah pohon aren (Arenga pinnata).

Selain itu juga menyehatkan karena mengandung Karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vit-C, Kalsiun, fosfor, zat besi, hingga antioksidan, seperti Flavonoid, polifenol, saponin, dan gelatin.

Manfaat Kolang Kaling Untuk Tubuh

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari kolang-kaling, di antaranya:

1-Melancarkan pencernaan

Sebagai makanan tinggi serat, kolang-kaling menyehatkan saluran pencernaan. Karena serat di dalamnya mampu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya Kontipasi.

2-Mengendalikan kadar gula darah

Kandungan serat kolang kaling lainnya, menjaga kadar gula darah stabil. Namun efektivitasnya mengontrol kadar gula darah perlu diteliti lebih lanjut.

3-Memelihara Kesehatan Jantung

Senyawa polisakarida galactomannan dalam kolang-kaling dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh. Kombinasi manfaatnya baik untuk memelihara kesehatan jantung dan mencegah Kardiovaskuler (serangan jantung dan stroke).

4-Meredakan nyeri sendi

Kolang-kaling mengandung beberapa macam zat antiradang yang mampu meredakan nyeri sendi, misalnya karena Osteoarthritis. Diduga sama efektifnya dengan obat pereda nyeri sendi.

Studi efektivitas manfaat kolang-kaling sebagai pereda nyeri sendi dan dosis amannya masih terbatas, sehingga perlu penelitian lebih lanjut.

5-Mencegah Dehidrasi

Buah ini kandungan airnya tinggi (94%). Sehingga baik untuk memenuhi asupan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Juga dapat meningkatkan kesehatan tulang, menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan kulit. Namun, perlu riset lebih lanjut untuk memastikan klaim manfaat kolang-kaling ini.

Berkonsultasilah ke dokter agar tahu lebih jauh info seputar manfaat kolang-kaling dan pola makan sehat yang sesuai kondisi dan kebutuhan Anda. (Ditinjau oleh: dr. Sienny Agustin; https://www.alodokter.com/inilah-manfaat-kolang-kaling-bagi-tubuh)

(Disajikan ulang oleh :FatchurR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close