Kesehatan

Manfaat Kesehatan Dalam Mendonorkan Darah

Adik saya (Inung di Situbondo) berumur lebih dari 60 th, dia mendonortkan darahnya dan Alhamdulillah berjalan lancar. Seperti kita ketahui bahwa mendonor darah selain membantu menyelamatkan orang lain. Juga bermanfaat bagi pendonornya (diri Inung)

Berikut manfaat bagi pendonor darah yang saya cuplik dai : https://www.alodokter.com

Sebelum mendonor darah, tenaga medis memeriksa kondisi kesehatan untuk memastikan dia memenuhi syarat jadi pendonor.

Artinya secara tidak langsung dia memeriksa kesehatan dia walau secara garis besar.Jika semua syarat terpenuhi, tenaga medis memasukkan jarum steril ke pembuluh darah vena lengan, ambil darah dia sekitar 470 ml.

Sudah pasti Sumbangan darah ini sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan, bahkan bisa menyelamatkan nyawa. Yang membutuhkan donor darah diantaranya : Korban kecelakaan atau operasi, transplantasi organ, kanker, anemia, penyakit sel sabit, thalassemia, dan hemofilia.

Sedangkan Manfaat bagi yang menyumbang Darah

1-Menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah :

Donor darah mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah lebih lancar dan jantung berdetak lebih teratur dan stabil. Dengan aliran darah lancar, organ tubuh akan sehat dan berfungsi dengan baik.

Yang rajin mendonorkan darah berisiko lebih rendah terkena berbagai penyakit,: Serangan jantung, kanker, dan Stroke serta diduga membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil.

2-Mengurangi jumlah Kolesterol Jahat

Kebiasaan mendonor darah bisa menurunkan  Kolesterol Jahat (LDL dan trigliserida). Dan risiko terbentuknya plak/sumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis) bisa berkurang, sehingga aliran darah dan fungsi organ bisa lancar.

3-Meningkatkan produksi sel darah merah

Ketika mendonor darah, sel darah merah akan berkurang. Untuk menggantinya yang hilang, sumsum tulang akan menghasilkan sel darah merah diserta Hemoglobin yang baru dan sehat.

Proses penggantian sel sel tersebut butuh beberapa minggu. Setelah tubuh dapat sel-sel darah merah baru, darah akan mengangkut oksigen lebih efektif sehingga kita lebih bugar dan sehat.

4-Membantu mendeteksi dini penyakit tertentu

Saat mau mendonor darahkita menjalani pemeriksaan/skrining secara gratis untuk mendeteksi penyakit serius, seperti  HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Tujuannya memastikan darah yang disumbangkan aman untuk digunakan sebagai transfusi darah. Sehingga kita bisa mendeteksi penyakit tertentu, sedini mungkin dan ditangani secepatnya.

5-Menjaga kesehatan mental

Donor darah itu tindakan mulia. Tiap tetes darah yang disumbangkan begitu berharga bagi orang yang butuh dan hal ini bisa menyelamatkan jiwa orang lain. Ini membuat kita termotivasi hidup lebih sehat dan senang membantu orang lain. Akhirnya, bisa membuat mental kita lebih baik.

Itulah berbagai manfaat donor darah yang bisa Anda peroleh. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah Anda dikirim ke Lab, untuk menjalani berbagai tes berbeda. Jika ada gangguan dalam darah, Kita segera dikabari petugas PMI.

(Terakhir diperbarui: 20 Januari 2022 oleh dr. Kevin Adrian dan disajikan ulang oleh FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close