Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Aerobik YWC Yakes Telkom(24-01-2023)-Sehat Dan Tidak Sakit

Semangat Pagi!. Pakde Sonci dan mBak Devi Lestya Pembayun berkolaborasi memandu senam Aerobik pada acara yang dilaksanakan YWC Yakes Telkom yang kembali membuka kelas mingguan OR Virtual pada hari Selasa, tanggal 24 Januari 2023 mulai jam 07.30

Dengan peserta sebanyak 71 Akun pada pengamatan jam 08.11, alhamdulillah Aerobik ini berlangsung dengan aman terkendali

Tampak peserta Anggota KJS BLA Bandung Selatran sebanyak 4 orang dan tiga diantaranya : Pasangan IGN Duinda dan Esih Sukaesih

Saya berasumsi bahwa para peserta yang kurang dari 80 orang itu tentu merasa sehat hanya karena tubuhnya tidak sakit. Benarkah jika tidak jatuh sakit, bisa dibilang sehat?

Hidup ibarat proyek dan Anda adalah pimpronya. Potensi sehat atau sakit ditentukan oleh semua yang sudah anda kerjakan sebagai pimpro. Diri anda sehat atau sakit itu  akumulasi dari segala kebiasaan, keyakinan dan sikap yang dijalani sepanjang proyek hidup anda.

Mengelola modal sehat

Kita diberi modal sehat sejak lahir oleh Allah 99%. Hanya 1% yang hilang karena  mewarisi penyakit keturunan, cacat lahir dan kelainan bawaan. Kita perlu mengelola modal sehat sepanjang proyek hidup kita agar tak menyusut karena salah kelola.

Umur sel manusia bisa sampai 1 juta jam atau  finish hidup kita bisa 120 tahun. Untuk mencapai umur itu perlu dirancang lewat hidup sehat. Modal dasar sehat sudah kita miliki, tinggal cara mengelolanya. Sakit karena hidup sehat tak dibangun.

Kita sering sakit akibat ulah kita  yang kurang waspada, tak membiasakan hidup sehat. Sehat didapat dengan disiplin hidup sehat yaitu teratur waktu makan, beraktifitas dan istirahat. Juga harus pelihara kebersihan perorangan, paham menu sehat dan mengelola stress dengan baik menyangkut jiwa, sosial dan spiritualitas.

Ada keterkaitan antara badan dan jiwa. Kendati badannya dijaga sehat, namun bila jiwa dan batin terabaikan, secara sosial dikerdilkan akan rentan kena penyakit psikosmatis. Saat badan diperiksa semua normal, tapi orang itu merasa sakit.

Sebab jiwa, spiritualtias dan sosialnya sakit. Penderitaan ini dihibahkan ke penderitaan fisik. Sakit kepala, sakit maag, napas terasa sesak, sukar tidur. Hanya badan yang diobati. Jiwa, spiritual dan sosialnya tak di atasi.

Banyak penyakit yang tak perlu terjadi, namun penyakit merundung kehidupan orang hingga kini. Penyakit terjadi karena hidup sehat tak dibangun. Hidup sehat ongkosnya tak setinggi beli obat, ongkos ke dokter /rumah sakit untuk penyakit yang tak perlu terjadi

Banyak uang tak menjamin bisa mengembalikan kesehatan yang terlanjur rusak. Sehat tak hanya tidak sakit, tapi harus bugar. Artinya sehat jasmani, jiwa, spiritual, dan sosial.

Agar ‘proyek’ tubuh kita lancar butuh aturan yang ditaati. Taat pada jam makan, jam istirahat, jam tidur, jam aktifitas dan jam OR. Dengan cara itu tubuh yang diibaratkan proyek berjalan lebih lancar dan efisien.

Karena itu bagi peserta Senam YWC Yakes Telkom agar terus aktif mengikutinya dan yang belum ikut, mari bergabung bersama saya atau ber-OR sesuai pilihan dan kemampuan Anda, minimal 150 menit seminggu dan kontrol rutin ke dokter

Sikap disiplin itu investasi penting dan menanamkan karakter mau menjunjung tinggi kebenaran, menerima tanggung jawab, menunda kepuasan dan hidup yang senantiasa seimbang. Di dalam hidup berdisiplin juga terkait kebiasaan sehat sehari-hari.

Biasakan mesin tubuh lancar bekerja perlu dibentuk jadwal makan teratur, jam istirahat, jam tidur dan jam beraktifitas. Sehingga lambung, otak dan kelenjar paham kapan waktu yang tepat untuk bekerja dan istirahat. Dengan disiplin itu mesin tubuh terbiasa bekerja lebih efisien. Jadilah pimpro yang baik atas proyek hidup andai.

Dicuplik dab diedit dari https://holisticare.co.id/apakah-tidak-sakit-sama-artinya-dengan-sehat/; Ditinjau oleh dr. Anugerah MKK

Salam Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta

(Djuhana; KJS BLA Tegallega dan Sumiyati KJS Probolinggo)-FatchurR *

Aerobik YWC Yakes Telkom(24-01-2023)-Sehat Dan Tidak Sakit

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close