Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Therapeutic YWC Yakes(10-03-2023)-Sakit Kram

YWC Yakes Telkom kembali membuka jadwal kelas mingguan OR Virtual pada hari Jumat, tanggal 10/03/2023 yaitu senam Therapeutic, dimulai jam 08.00 WIB selama 60an menit; pemandnya mas Arie Pamuji dan mas Imam Munandar (Co Host bekerja dibelakang layar)

Pada kesempatan tersebut 4 Anggota KJS BLA, 3 diantaranya Esih Sukaesih dan Pasangan IGN Duinda yang  ikut hadir melengkapi total peserta sebanyak 77 Akun (pada jam 08.37)

Alhamdulillah semua kegiatan Senam berjalan dengan baik dan lancar. Hal itu tak lepas dari Kolaborasi yang baik YWC Yakes Pusat, Regional IV Jateng-DIY (mas Arie) dan Regional III Jabar (mas Imam Munandar)

Saya terngiang saat senam Aerobik sehari sebelumnya. Seorang peserta tanya Kram yang dideritanya dan sudah dijawab Pak Sonci dengan baik. Saya hanya ingin menyajikan tentang Kram, agar saling melengkapi dan jadi pembelajaran dari mereka yang tidak ikut Aerobik.Sumber Informasi saya cuplik dari www.alodokter.com (dr Sienny Agustin:

Kram Otot di area kaki atau lainnya, merupakan kontraksi (menegangnya otot) dengan kuat dan tiba-tiba. Kram bisa berlangsung hitungan detik hingga beberapa menit dan umumnya pada kaki. Kram ini sering terjadi di malam hari ketika kaki kita tertekuk.

Penyebab Kram

1-Tekanan pada syaraf tulang belakang bisa membuat kaki kram dan terasa nyeri.

2-Supplay darah yang tidak memadai

3-Kehamilan

4-Cedera

5-Kekurangan mineral

6-Dehidrasi

7-Efek samping obat obatan

8-Infeksi

9-Penyakit hati dan kondisi medis lainnya

Cara mengatasi Kram kaki

a-Hentikan aktivitas dan lemaskan otot

b-Pijat

c-Kompres air panas (tidak dianjurkan bagi pDiabetasi atau yang cedera tulang belakan)

d-Minum air putih

e-Konsumsi makanan kaya magnesium (kacang-kacangan dan biji-bijian).

f-Gunakan obat pereda nyeri

Untuk mencegah kram datang lagi, cobalah sesekali dipijat pada bagian tubuh yang sering kram, lakukan pemanasan sebelum ber-OR (Senam yang diselenggarakan Yakes, selalu diawali pemanasan), mencukupi air putih dan mineral seperti kalsium, magnesium, dll. Pakailah alas kaki yang layak dan nyaman untuk bergerak.

Jika keluhan kaki kram sering muncul tanpa diketahui pasti penyebabnya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Yakes Telkom

Salam Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta

(Djuhana; KJS BLA Tegallega)-FatchurR *

Senam Therapeutic YWC Yakes(10-03-2023)-Sakit Kram

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close