Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Aerobic YWC Yakes Telkom(11-04-2023)-Rajin OR Tapi Sakit

Semangat Pagi! YWC kembali membuka jadwal kelas mingguan. OR Virtual pada hari Selasa, tanggal 11 April 2023. Dimulai jam 08.00 WIB; selama 60an menit pak Sonci mengajak kita mencari dan menabung sehat dikemudian hari

Diikuti 60 Akun peserta termasuk 4 anggota KJS BLA (FR, Pasangan IGN Duinda dan ERsih Sukaesih)  menekuni dan mengikuti irama yang dicontohkan oleh pak Sonci, Alhamdulillah program senam ini berjalan lancar

Dengan rutin senam itu menabung sehat? Tapi kenapa rutin melakukannya tapi bisa sakit?. Berrikut saya cuplikkan dari media mainstream detik.com berikut ini :

 

Sudah tiap hari OR sesuai anjuran WHO, tapi kok gampang sakit? Bisa jadi ada yang salah dari rutinitas OR nya.

Salah satu kemungkinannya overtraining, atau beraktivitas fisik berlebihan tanpa ada  kesempatan cukup bagi tubuh untuk istirahat. Tubuh butuh recover, memulihkan kondisi sel-sel yang kelelahan saat olahraga.

OR berat khususnya, bisa menurunkan daya tahan tubuh sementara waktu. Produksi hormon kortisol dan adrenalin saat olahraga, yang juga dikaitkan dengan stres, dapat menekan sistem imun sehingga mudah terserang infeksi.

Pada atlet profesional, istirahat itu penting dari program latihan. Tujuannya memberi kesempatan bagi tubuh  memperbaiki diri agar tidak ngedrop sehingga cukup fit untuk menjalani sesi latihan selanjutnya.

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah nutrisi. Agar berfungsi baik, tubuh perlu nutrisi. Sehingga cukup energi untuk OR. Butuh asupan karbohidrat memadai. Asupan protein juga juga dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel tubuh.

Ketika telanjur sakit, bolehkah tetap berolahraga? Banyak pertimbangan. Yang pasti, intensitas perlu disesuaikan bila tetap ingin melakukan aktivitas fisik.

“Kalau cuma nggak enak badan atau nggak sampai demam tinggi, tubuh  masih bisa ber-OR tapi diatur dengan intensitasnya yaitu harus sedang,” kata pakar OR dr Grace Joselini, seperti ditulis detikHealth sebelumnya.

Salam Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta

(Djuhana; KJS BLA Tegallega)-FatchurR *

Aerobic YWC Yakes Telkom(11-04-2023)-Rajin OR Tapi Sakit

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close