Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Aerobic YWC Yakes Telkom(18-04-2023)-Dan Mudik Sehat

Semangat Pagi! YWC Yakes tidak bosan bosannya kembali membuka jadwal kelas OR Virtual pada hari Selasa, tanggal 18 April 2023 yaitu  Kelas Aerobic yang dimulai jam 08.00 WIB; dengan pemandi pak Sonci didukung oleh mBak Ulantri semua dari Reg-3 Jabar

Diikuti oleh 55 Akun pada tangkapan layar jam 08.27 termasuk Bli IGN Duinda, Esih Sukaesih dan FR senam yang berlangsung gak sampai 60  menit cukup sebagai modal bagi pesertanya untuk optimis tetap menggapaj sehat. Alhamdulillah

Tentu tidak salah, walau beberapa kali diulas tentang mudik, yang seolah menjadi tradisi wajib rasanya masih perlu diulas dari sumber yang berbeda.

Yang perlu disiapkan agar kondisi tubuh tetap terjaga selama perjalanan mudik Lebaran. Apalagi terbetik kabar di Singapura merebak lagi COVID-19 di Singapura (pertengahan April 2023) yang makin berkembang, Prokes juga perlu ditaati. Berikut Tipsnya

1-Persiapan matang 

Siapkan kondisi kendaraan untuk perjalanan mudik. Jika naik naik transportasi umum,  pilih kendaraan yang dirasa nyaman untuk perjalana. Istirahat cukup sebelum mudik. Agar agar tetap sehat dan bugar sesampai di kampung halaman.

2-Makanan yang dikonsumsi

Penuhi asupan nutrisi dan gizi. Siapkan bekal yang dibawa  tidak boleh sembarangan. Bisa bawa roti gandum pengganti nasi yang tinggi serat. Buah-buahan bisa untuk penambah nutrisi.

3-Istirahat jika lelah

Ketika merasa lelah segera istirahat, khususnya jika bawa kendaraan pribadi.

4-Asupan cairan

Tubuh akan lebih banyak terpapar polusi saat perjalanan mudik. Oleh sebab itu sebaiknya cukupi kebutuhan cairan agar racun yang masuk dalam tubuh dapat dengan mudah dihilangkan.

Mencukupi kebutuhan cairan pada saat mudik Lebaran juga dapat mencegah dehidrasi. Selain dari air putih, cairan tubuh juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan tinggi kadar air.

5-Obat obatan pribadi

Jika punya penyakit jangan lupa bawa obat rutinnya.

6-Supplemen atau Vitamin

Vitamin penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Kamu bisa konsumsi vitamin C selama perjalanan agar kesehatan terjaga. Berbagai vitamin sebenarnya bisa didapatkan secara alami dari buah dan sayur. Namun, jika merasa butuh asupan lebih, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan.

  1. Ikuti Prokes 5M. Kan mencegah lebih baik

Cuplikan dari : dr Rudy Kurniawan Sp PD Dip TH; Eka Hospital

(https://www.halodoc.com/artikel/jelang-mudik-lebaran-ini-cara-menjaga-kondisi-tubuh-selama-perjalanan)

Sebagai tambahan khusus bagi penderita Diabetes  yang bepergian atau mudik :

a-Tidak ada kondisi akut

Akut adalah kondisi yang baru terjadi, mendadak dan perlu penanganan cepat, misalnya infeksi berat seperti radang paru-paru dan gula darah terlalu tinggi.

b-Makan, minum, dan obat-obatan selama perjalanan

b-Makanan-minuman, dan obat harus terkontrol di perjalanan, di tujuan, dan selama masa liburan. Makanan tak terlalu manis, asin, berlemak, berminyak, dan porsi terlalu banyak.

c-Pemeriksaan sebelum perjalanan

Terutama perjalanan jauh, sebaiknya periksa lebih dulu ke dokter apakah gula darah  terkontrol atau belum, ada komplikasi atau tidak.

d-Tidak terlalu lama duduk

Perjalanan lama meningkatkan risiko kaki bengkak pada diabeteasi, karena pembuluh darah primer di kaki tidak bisa memompa darah kembali ke atas. Silakan jalan jalan sebentar atau sering menggerak-gerakan kaki

e-Sempatkan OR selama Travelling

Saat travelling terjadi penurunan ber-OR. Padahal OR penting menjaga gula darah tetap stabil dan bonusnya badan juga akan jadi lebih bugar. WHO merekomendasikan frekuensi olahraga 5 (lima) kali per minggu dengan durasi minimal 30 menit.

f-Kontrol setelah travelling

Setelah perjalanan panjang, diabetesi baiknya ke dokter kontrol gula darah selambatnya 7-10 hari setelah pulang berlibur. Karena, libur aktivitas berubah, pola makan, dan waktu makan atau bertambah, sehingga berisiko gula darah bertambah cepat.

Salam Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta

(Djuhana; KJS BLA Tegallega dan https://www.ekahospital.com/)-FatchurR *

Aerobic YWC Yakes Telkom(18-04-2023)-Dan Mudik Sehat

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close