Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Offline KJS BLA Bandung Slt(24-05-2023)-Sudah Lupa

Anda pernah lupa cara melakukan absensi digital sebelum senam; lupa tentang penjelasan kesehatan yang dijelaskan melalui Webinar atau Kacamata yang anda tetapi masih Anda cari?

Itu wajar dan manusiawi, tetapi bisa jadi wajib diwaspadai jika ada hal  khusus yang merepotkan Anda. Tapi kita nggak perlu khawatir, karena setelah Laporan reportase Senam dibawah ini, saya akan mencoba mengurai kondisi itu

Seperti biasa Senam Offline KJS BLA Tegallega Bandung Selatan, dilaksanakan tiap  Hari Rabu, termasuk kali ini yang berlangsung pada tanggal 24 Mei 2023.

Senam ini diikuti 56 Orang Peserta yang terdiri dari :

a-26 Pensiunan.

b-27 Keluarga dan

c-3 dari masyarakatUmum.

Lokasi senam bertempat Di Lapangan Bandung Lautan API (BLA) Tegallega, masih di keramaian Bandung dengan banyak pepohonan yang rindang disertai kicauan burung yang mengasyikkan, seolah kita tinggal di perkampungan

Sesuai pengumuman sebelumnya, para peserta ber Seragam Kaos Warna Merah Yakes Health Club Sehat Tanpa Obat. Alhamdulillah dengan Pemandu Pak Agus Suryana, acara ini berlangsung dengan baik, dan tentu saja kita berkeringat, yang beraarti ada harapan kita siap menyongsong hari dengan sehat

Kembali sesuai alenia pertama, saya akan urai tentang Lupa, cuplikan dari sumber Halodoc.com

Lupa, jadi gejala kondisi tertentu, tapi tidak melulu tentang Alzheimer. Penyebab sering lupa juga dikaitkan kondisi mental seseorang saat berada di bawah tekanan, sehingga memicu stres atau depresi. Gejalanya perlu diamati dan diatasi dengan langkah yang tepat.

Penyebab lupa selain Alzheimer

Alzheimer memang membuat pengidapnya kehilangan memori yang mengganggu kehidupan sehari-hari. Hal tersebut akan berdampak pada sulitnya menyelesaikan tugas yang biasa dilakukan. Mereka bahkan kebingungan dengan waktu dan tempat saat ini. Selain Alzheimer, berikut penyebab sering lupa lainnya yang perlu diketahui:

1-Stres

Stres itu  penyebab sering lupa. Beban pikiran membuat gangguan pada otak, sehingga otak jadi sulit menyimpan ingatan jangka pendek. Stres akut bisa memicu lupa ingatan jangka panjang dan membuat jadi pikun.

2-Depresi

Kondisi ini versi parah dari stress. Karena depresi bisa menghilangkan ingatan dan membuat pikiran tidak jernih. Bisa jadi, kondisi ini membuat jadi apatis dan tidak peduli kondisi sekitar. Mudah kehilangan konsentrasi dan lebih sering melamun.

3-Sedih berlebihan

Kepedihan mendalam membuat seseorang trauma mental. Akibatnya, kehilangan ingatan jangka pendek dan membuat kehilangan fokus. Kehilangan kemampuan  mengingat orang seakan tak berada di dunia yang sama dengan sekitarnya.

4-Gangguan Kognitif

Gangguan kognitif ringan, dan penurunan mencolok di satu bidang keterampilan berpikir, seperti memori yang lebih tinggi ketimbang penuaan alami dan lebih rendah dari demensia. Kondisi ini tidak mencegah pengidap beraktivitas sosial.

5-Kehilangan memori dan penuaan

Kehilangan memori itu hal yang normal sesuai usia. Ini tak menyebabkan gangguan signifikan. Misalnya, lupa nama seseorang, tapi ingat di kemudian hari. Perubahan memori ini dapat dikelola dan tidak memengaruhi kemampuan bekerja.

Meminimalkan kondisi sering lupa

Beberapa kondisi tak dapat dihindari, seperti lupa karena proses penuaan. Sedang penyebab lain dapat diminimalikan. Sejumlah langkah dapat dilakukan membantu memperkuat informasi penting dalam memori:

a-Bergerak aktif

OR dapat meningkatkan fungsi memori dalam waktu singkat. Agar ber manfaat, kita latihan dalam intensitas ringan, tetapi rutin. Lakukan selama 150 menit per minggu, atau 30 menit per hari. Disarankan yang belum beergerak rutin, silakan ikut Senam yang diselenggarakan YWC Yakes Telkom, termasuk Webinar kesehatannya

b-Tidur yang cukup

Tidur cukup, penting untuk kesehatan fisik dan mental. Rekomendasi waktu tidur tergantung  usia dan kondisi kesehatan seseorang. Orang dewasa, waktu tidur yang disarankan 7-9 jam per malam

c-Tulis catatan

Ketika poin poin diatas tidak berhasil, langkah terakhir, silakan menuliskan informasi penting. Kita bisa bawa buku catatan kecil di tas, sehingga mudah dibawa bepergian.

Meski lupa bukan hal yang dapat dihindari, tapi risikonya dapat diminimalikan dengan beberapa langkah di atas. Jika lupa sudah sangat mengganggu, segera hubungi Yakes Telkom dan atau layanan kesehatan terdekat

Semoga Sehat Selalu Dan Tetap Semangat. Aamiin.

(Djuhana; KJS BLA Tegallega, cuplikan dari halodoc.com)-FatchurR *

Senam Offline KJS BLA Bandung Slt(24-05-2023)-Sudah Lupa

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close