Info Daerah n OpiniIslam

P2Tel Tangsel kembali Gelar KITAB-Haji dan Qurban dalam perspektif Al Quran

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-Tetap dan terus berkarya untuk anggota. P2Tel Tangerang Selatan tetap dan terus berkarya untuk anggota dengan melayani anggota yang antara lain diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan Kajian Intensif TiAp Bulan disingkat KITAB.

P2Tel Tangsel kembali menggelar KITAB di STO Mencong Ciledug Tangsel yang  perdana  pada Rabu pagi, 7 Juni 2023 seusai senam pagi dengan nuansa warna hijau. Meski bagi sebagian peserta harus berjuang melewati rute lalu lintas yang padat merayap namun para peserta tetap meluruskan niat dan optimis berusaha  menghadiri majlis ilmu dan hikmah KITAB serta menikmati indah dan berkahnya ber olah ruh agama Islam.

Salam sehat, tetap semangat dan bersyukur.

Acara KITAB ini makin menarik karena satu paket dengan acara sebelumnya yaitu senam pagi. Ketertarikan para peserta sangatlah beralasan karena setelah senam pagi (olah raga) maka dilanjutkan dengan olah ruh bagi peserta yang beragama Islam dan olah rasa dengan menikmati hidangan dengan suasana kebersamaan.

Acara berlanjut dan dipandu oleh  pembawa acara duet antara Zawawi dan Yeye  dengan  mengkondisikan seluruh rangkaian acara KITAB ini. Acara semakin menyejukkan hati  dan tetap khidmad  ketika dibuka dengan bacaan umul kitab Al Fatiha bersama-sama.

Ayat-ayat suci Al Quran dilantunkan hatipun tenang.

Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran yang relevan dengan tema KITAB kali ini surat Ali Imran 96-97 dan surat Al Kautsar ayat 1-3   dibacakan Qori Munajat dengan lantunan yang menggetarkan hati dan penuh keheningan peserta  sehingga  menumbuhkan kesadaran bersama atas kebesaran dan kasih sayang Allah kepada  hamba Nya.

Adapun sebagai pembaca saritilawah adalah Siti Robiana dengan membacakan tarjamah ayat-ayat suci Al Quran yang dibacakan qori untuk memberikan pemahaman atas arti firman Allah tersebut.

Kiprah P2Tel Tangerang Selatan dengan 4O.

Dalam kesempatan ini KPC P2Tel Tangerang Selatan (A. Yuri Gartina) berhubung ada tugas rapat dengan PP P2Tel maka memberikan kesempatan kepada KBPC P2Tel Tangsel (Budi Saptono) untuk menyampaikan pengantar acara KITAB.

Diawali  turut bersyukur dan berterimakasih atas keluangan waktu, tenaga dan pikiran Ustadz Dr. Burhan Ahmad Fauzan, SQ, MA menjadi narasumber dalam acara  KITAB kali ini di sela-sela kesibukan syiar dan dakwah untuk tebarkan manfaat.

Ungkapan terimakasih juga tersampaikan atas kehadiran para peserta KITAB dengan menempati alas tikar dan karpet yang di gelar di aula STO Mencong Ciledug setelah dilakukan perapihan dan pengkondisian  sebagai upaya memberikan kenyamanan dalam menimba ilmu dan hikmah dari narasumber.

Kegiatan Binroh Islam yang dikemas dalam KITAB ini untuk yang pertama kali diselenggarakan di STO Mencong Ciledug yang sebelumnya diselenggarakan di STO Serua untuk memenuhi usulan para peserta senam pagi di STO Mencong Ciledug yang diselenggarakan setiap Rabu pagi  khususnya yang bergama Islam.

Secara umum profil pensiunan Telkom Tangsel masih terlihat segar dan bugar. Hal ini beralasan karena para pensiunan Telkom tidak diam dan terus bergerak seperti syair lagu yang tertuang di Mars P2Tel.

Tidak mengherankan kalau pensiunan Telkom menjadi tokoh masyarakat di lingkungan domisilinya antara lain ada yang menjadi Ketua RT, Ketua RW dan ada juga yang menjadi Ketua DKM atau ketua organisasi sosial kemasyarakatan lainnya.

Dikatakan lebih lanjut oleh KBPC P2Tel Tangsel bahwa  jenis kegiatan P2Tel Tangsel meliputi 4O.

a-Pertama Olahraga dan rekreasi  antara lain senam pagi 2 kali setiap pekan, klub bulutangkis, komunitas gowes, klub touring motor, rekreasi setahun minimal 2 kali bahkan tahun ini siap-siap mengikuti Senam Wisata Nasional (SWN) di Surabaya.

b-Kedua Olah jiwa dengan program ngajol 2 kali sepekan, KITAB sebulan sekali, tadabur atau mabit ke pesantren antara lain di Cianjur.

c-Ketiga Olah rasa/ seni seperti ada group band sebagai wadah hoby bermain musik dan menyanyi.

d-Keempat Olah pikir yang diaktualisasikan dengan penyelenggaraan RAKOR setiap triwulan sekali untuk evaluasi kinerja dan meningkatan kualitas layanan kepada anggota. Diingatkan bahwa tata cara mengikuti majlis ilmu KITAB ini adalah datang, duduk, diam, dengarkan dan dicatat atas apa yang disampaikan oleh guru kita Ustadz Dr. Burhan Ahmad Fauzan, SQ, MA.

Tadabbur Surah Ali Imran ayat 96-97.

“Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia adalah (Baitullah) yang (berada) di Bakkah (Makkah)107) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam. Di dalamnya terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) Maqam Ibrahim.108) Siapa yang memasukinya (Baitullah), maka amanlah dia. (Di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, (yaitu bagi) orang yang mampu109) mengadakan perjalanan ke sana. Siapa yang mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu pun) dari seluruh alam.”

Tadabbur Surah Al Kautsar ayat 1-3.

“Sesungguhnya Kami telah memberimu (Nabi Muhammad) nikmat yang banyak. Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah! Sesungguhnya orang yang membencimu, dialah yang terputus (dari rahmat Allah)”

Ustadz Dr. Burhan Ahmad Fauzan, SQ, MA adalah  lulusan pendidikan S1 Fakultas Syariah PTIQ Jakarta, S2 Ilmu AL Quran & Tafsir, S3 Ilmu Alquran & Tafsir Institut PTIQ Jakarta. Pengalaman organisasi : Pembina Yayasan Al Burhan Indonesia, Direktur Al Burhan Institute of Learning Quran & Islamic Studies (BILQIS).

Pengalaman dakwah : tiada hari tanpa dakwah (dari masjid ke masjid, dari MT ke MT baik bapak2 maupun ibu2 di Tangerang Selata, Jakarta  dan sekitarnya.

Dengan penuh keakraban nara sumberpun menegapresiasi atas kegiatan yang dijalankan oleh para pensiunan Telkom Tangerang Selatan dan mengajak di setiap kegiatan yang dilakukan mari niatkan karena Allah sehingga bernilai ibadah.

Begitu luasnya ilmu dan hikmah yang terkandung dalam haji dan qurban dalam perspektif Al Quran sehingga secara ringkas dapat disajikan dalam pointers sebagai berikut :

Mengetahui sejarah singkat Haji, memakai pakaian ihram sebagai penghambaan diri kepada Allah, Ketika melihat Kabah, Saat menjalankan thawaf, Mencium hajar Aswad karena Rasulullah menciumnya, Minum Air Zamzam dengan doa dan apa yang terkandung di dalamnya, menjalankan sai dari bukit Sofah ke Marwah, ketika wukuf di Arafah, menjalani mabit di Muzdalifah, filosofi yang terkandung di dalamnya saat melontar jumroh, saat mencukur rambut, menyembelih hewan qurban dan menjalankan tahalul setelah menunaikan berbagai syarat dan rukup rangkaian ibadah haji dan qurban.

Peserta bertanya, narasumber meresponnya.

Dalam kesempatan tanya jawab sebagai media yang komunikatif dan interaktif yang dipandu oleh Suradi selaku moderator mengawali dengan pantun

Dari hasil tanya jawab (4 orang penanya dengan 5 pertanyaan) demi ilmu dan hikmah memberikan pencerahan marilah kita ikuti keputusan imam (ulil amri atau pemerintah) terkait dengan penetapan tanggal 9 Dzulhijah untuk menjalankan puasa Arafah.

Untuk mendapat ridho dari Allah maka mari kita niatkan aktvitas ini karena Alllah dan beribadah kepada Allah termasuk ibadah Idul Fitri dan pendaftaran menunaikan ibadah haji.

Pemaknaan mampu dalam ibadah haji dan qurban pada prinsipnya Allah telah memberikan kecukupan kepada hamba Nya. Dalam menjalankan rangkaian ibadah thawaf tetap dalam keadaan suci dan Allah memberikan kemudahan kepada hamba Nya.

Secara umum moderator dengan ciri khasnya menyampaikan pesan moral berupa pantun Sungguh menawan buah kedondong, apalagi dibuat rujakan. Acara KITAB perdana di STO Mencong, sungguh sangat mencerahkan.

Sebagai kesimpulan bahwa isi tausiyah bersumber pada Al Quran dan hadits Rasulullah. Dalam penerapannya mari kita luruskan niat untuk beribadah kepada Allah, untaian ibadah haji dan qurban bermuatan banyak doa.

Proses learning nya adalah memperbanyak mengikuti majlis ilmu termasuk acara KITAB dan manfaatkan ukhuwah kita antara lain mengadakan tabungan qurban.

Integrasinya lakukan secara berjamaah sehingga akan mendapatkan hasil yaitu kehormatan, kemuliaan, kesejahteraan dan kebahagiaan di dunia dan akherat.

Sebagai penyemangat terpilih 3 orang peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari narasumber secara cepat dan tepat  sehingga mendapatkan souvenir cashless.

Mereka adalah Munajat, Sumiyem dan Suripto.

Akhirnya acara KITAB ini ditutup dengan   untaian  doa yang dipimpin langsung oleh Ustadz Dr. Burhan Ahmad Fauzan, SQ, MA. Acara KITAB ini terselenggara atas ijin Allah dan dukungan dari para PIC KITAB antara lain Marsono, A. Makmur, Eko Yulianto, Yasril Pane, Ina, Mundi, Hebsi dan lainnya.

Pake baju koko warna putih, pergi ke pengajian.

Kami ucapkan terimakasih kepada Ustadz Burhan Ahmad Fauzan.

Tangerang Selatan kota yang asri, banyak taman yang  mempesona.

Demikianlah acara KITAB  ini, semoga kita jumpa di majlis ilmu berikutnya.

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR*

P2Tel Tangsel kembali Gelar KITAB-Haji dan Qurban dalam perspektif Al Quran

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close