Info Daerah n OpiniIslam

Cabang Tangsel-Gelar KITAB Online-Tebarkan manfaat bekal dunia-akherat

Beristiqomah bertarbiyah  ilmu dan hikmah.

Alhamdulillah P2Tel Tangerang Selatan kembali menggelar KITAB secara Online pada Kamis pagi, 19 Oktober  2023 pk. 09.00-11.00 Wib. Diselenggarakan secara online tidak menyurutkan  minat dan antusias  para pesertanya.

Buktinya  pesera tidak hanya berasal dari P2Tel Tangerang Selatan saja namun ada juga yang berasal dari P2Tel Tangerang,  Jakarta Selatan, Cianjur, Sidoarjo dan Yakes Telkom Regional II Jakarta-Banten.

Dari P2Tel Tangerang Selatan turut bergabung KPC dan KBPC P2Tel Tangerang Selatan,  para senior pensiunan, para pengurus dan pengawas cabang serta para anggota P2Tel Tangerang Selatan  yang beragama Islam.

Ikhtiar ini sebagai aktualisasi keistiqomah dan komitmen P2Tel Tangsel untuk bersama berkarya untuk mewaujudkan anggota yang sehat dan Sejahtera. Sebagai pembawa acara ini adalah Zawawi dan difasilitasi oleh Host Eko Yulianto dan Co Host Ina Marsina.

Duet Siti melantunkan ayat-ayat suci Al Quran dan  bacakan sari tilawah.

Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran surat Al Isra ayat 7-10   dibacakan oleh Qoriah  Siti Masitoh dan pembaca saritilawah adalah Siti Robiana  dengan kemerduan suara bacaannya dan semakin memantapkan  pemahaman arti atau terjemahan yang tersurat dalam  ayat-ayat suci tersebut.

Dari biasa ke luar biasa.

Dalam kesempatan yang berharga dan mulia ini KBPC P2Tel Tangerang Selatan (Budi Saptono) menyampaikan pengantar dan   menegaskan untuk saling mengingatkan mengajak berbuat kebaikan.

Bila berbuat baik hanya dirinya sendiri itu hal yang biasa namun bila berbuat baik untuk diri dan orang lain itu baru luar biasa sehingga di setiap kehadirannya menghadirkan manfaat dan berdaya guna bagi orang lain.

Di karunia nikmat sehat dan nikmat kesempatan ini mari kita senantiasa bersyukur ketika mendapat nikmat Allah dan bersabar ketika mendapatkan musibah serta merasa berbahagia. Caranya bagaimana, antara lain menyimak ilmu dan hikmah yang disampaikan oleh guru kita Ustadz Hasan Basri, S.Pd.

Interaktif, kreatif dan atraktif. 

Alhamdulillah  Allah pertemukan dengan guru kita Ustadz Hasan Basri, S.Pd  yang lulusan Universitas Pendidikan Indonesia memiliki berbagai pengalaman dakwah sebagai pengajar kelas training, expert  pengembangan SDM, sales marketing dan bimbingan haji & umroh.

Selain itu punya kesibukan atau aktivitas  menjadi pengasuh acara renungan tahajjud online yang pesertanya lebih dari 300 orang pengakses link zoom.   Cara penyajian materinyapun interaktif dan atraktif hal ini ditunjukkan di awal acara mengajak seluruh peserta untuk tersenyum dan ketik angka 1 di kolom chat.

Setelah peserta interaktif dan atraktif maka narasumber langsung menampilkan sebuah short video animasi yang setelah selesai durasi penayangan short video tersebut peserta dipersilahkan memberikan komentar atas makna yang terkandung di dalamnya.

Dengan ketik dan kirim melalui kolom chat pada intinya bahwa dalam perjalanan hidup manusia mulai lahir, masa anak, remaja, dewasa, orang tua dan akhirnya meninggal sehingga sudah seberapa besar bekal dan atau manfaat yang kita perbuat untuk orang lain.

Sehingga menginspirasi kita untuk melakukan stretching atau memperluas pencapaian target pribadi dan bermanfaat bagi orang lain. Sebagai contoh ketika kita berdzikir kemudian wirid dan akhirnya warid (keajaiban).

Menjadi insight dan inspiration kita atas hasil survey bahwa 80%-90%  hidup manusia pada kondisi BIASA dan 5%-10% manusia pada kondisi LUAR BIASA atau di atas rata-rata (membuat miracle).

Membedah ilmu dan hikmah.

Dalam mengurai atau membedah tebarkan manfaat bekal dunia dan akherat maka  sebagai petunjuk atau pedoman merujuk pada ayat suci Al Quran sebagai berikut :

Surat Al Maidah ayat 2 :

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syiar-syiar (kesucian) Allah,193) jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram,194) jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban)195) dan qalā’id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda),196) dan jangan (pula mengganggu) para pengunjung Baitulharam sedangkan mereka mencari karunia dan rida Tuhannya!197)

Apabila kamu telah bertahalul (menyelesaikan ihram), berburulah (jika mau). Janganlah sekali-kali kebencian(-mu) kepada suatu kaum, karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). _Tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksaan-Nya._”

Konsep tolong-tolong yang Allah perintahkan adalah dalam albiru dan at taqwa. SyekhAs Sa’di menjelaskan, al birru artinya semua kebaikan diridhai Allah, baik amal ritual (antara lain sholat, puasa, zakat) maupun sosial (antara lain kerja bakti lingkungan, memberi makan orang miskin) dengan pedoman rdiho Allah dan meneladani Rasulullah. Adapun at taqwa adalah semua sikap kehati-hatian dari dosa.

Allah melarang tolong menolong dalam dosa (walaata’awanuu‘alalitsmiwaludwan). Sebab dosa merupakan jalan kerusakan di muka bumi.

“Sebaik-baik manusia adalag yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR Ahmad). Dalam konteks hadits ini berlaku kaidah yang Rasulullah  sabdakan yang artinya Allah akan membantu hamba Nya selama hamba tersebut membantu saudaranya. Jadi sekecil apa pun kebaikan yang kita lakukan terdapat hubungan dengan langit.

Dalam ma’rifat kepafa Allah bahwa beramal bukan karena urusan dunia dan akherat tetapi hanya karena Allah.

Allah menyembunyikan 3 perkara yaitu Ridha Nya dalam sekecil apapun kebaikan, murka Nya dalam sekecil apapun keburukan dan kekasih Nya. Adapun “Manusia yang paling dicintai Allah adalah yang memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicntai Allah adalah

(1)-Memasukkan kebahagiaan pada hati seseorang muslim yang lain,

(2)-Menghilangkan kesusahan dari orang lain,

(3)-Membayarkan utangnya,

(4)-Menghilangkan rasa lapangnya dan

(5)-Sungguh aku berjalan saudaraku yang muslim untuk  membantu keperluannya, lebih aku cintai dari pada beri’tikaf di masjid ini (masjid Nabawi) selama sebulan penuh”(HR Thabrani, Ibnu Abid Dunya).

Peserta bertanya, Ustadz menjawab.

Sebagai media yang komunikatif dan interaktif maka Suradi selaku moderator memandu acara tanya jawab dengan diawali pesan moral  Bila tuan ke Jawa Tengah, jangan lupa singgah ke masjid raya. Materi tausiyahnya banyak hikmah, saatnya peserta ganti berbicara.

Dalam kesempatan tanya jawab  ini ada ilmu dan hikmah bahwa tetaplah kita bersyukur apalagi ada  kesempatan untuk membantu dan bersedekah kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Dalam prosesnya ada edukasi dan pemberdayaan kepada orang yang lebih membutuhkan tersebut untuk mandiri dan mengoptimalkan ketrampilan yang dimilikinya.

Ustadz bertanya, Peserta menjawab.

Dalam kesempatan narasumber mengajukan 3 pertanyaan dan ditambah 2 pertanyaan dari panitia penyelenggara yang semuanya direspon dengan  cepat dan dijawab secara tepat. Hal ini menunjukkan bahwa materi yang disampaikan memiliki endapan memori yang efekif bagi para peserta.

Selamat kepada 5 peserta yang telah berhasil menjawab dengan cepat dan tepat sehingga berhak mendapatkan sweetener sebagai berikut : Iin Melina, Hadi Waluyo, A. Makmur, Prasati (Ellin) dan Siti Masitoh.

Kesimpulan sebagai catatan kehidupan.

Suradi selaku moderator menyimpulkan dengan pointers Approach : bersumber pada Al Quran antara lain surat Al Maidah ayat 2, hadits Rasulullah dan data hasil survey.

Deployment: amalan ritual dan amalan sosial, menggapai ridho Allah dan meneladani Rasulullah dalam beriman, berilmu dan beramal.

Learning : ikuti kajian majlis ilmu dan buat thinks to do dan action plan (berproses dan berprogres).

Integration : berjamaah dalam beribadah, berkomunitas dalam bermuamalah dan bersosialisasi dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat.

Result : in syaa Allah tebaran manfaat kita berguna untuk bekal dunia dan akherat dalam menggapai ridho Allah dan meneladani Rasulullah semoga Allah karunia akhir hayat kita husnul khatimah.

Akhirnya acara KITAB periode Oktober 2023 secara online  ini ditutup dengan   untaian  doa yang dipimpin langsung oleh Ustadz Hasan Basri, S.Pd.

Bila tuan ikut kajian tahsin, pakailah  baju koko  warna putih.

Kepada seluruh hadirin, kami ucapkan  terimakasih

Indah nian bunga melati, warnanya sungguh mempesona.

Demikianlah acara KITAB Online ini semoga kita bertemu di majlis ilmu berikutnya

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR *

Cabang Tangsel- Gelar KITAB Online-Tebarkan manfaat bekal dunia-akherat

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close