Info Daerah n Opini

PC Tangsel-Gelar RAKOR III-2023 songsong 2024-Memutar siklus PDCA wujudkan anggota yang sehat dan sejahtera

Rakor yang spesial.

Senin, 13 November 2023 tidak seperti hari-hari biasanya di ruang Sekretariat P2TEL Tangerang yang berlokasi di kantor WITEL Tangerang Lantai 4, berkumpullah para pengemban amanah mulia pengurus dan pengawas P2Tel Tangerang SelatanĀ  bersama berkarya untuk mewujudkan anggota yang sehat dan sejahtera.

Dengan berpakaian dresscode kaos bernuansa warna putih, bertopi dan berompi khas P2TEL Tangerang SelatanĀ  sebagai penguatan jiwa korsa dan kebersamaan.

Rakor triwulan III-2023 ini menjadi spesial karena ada agenda pemaparan hasil Survey Online Suara Anggota (SOSA) P2TEL Tangerang Selatan 2023.

Rangkaian acara RAKOR triwulan III-2023 dipandu oleh pembawa acara Ina Marsina yang juga mengemban amanah sebagai bendahara P2TEL Tangerang Selatan dan dihadiri para pengurus dan BPC P2TEL Tangerang Selatan.

Mars P2TEL menggema, berdoa dan terus berusaha.

Spirit dan semangat sense of ownersip P2TEL semakin terasa ketika melantunkan Mars P2TEL bersama yang dipandu oleh Suhirman dan Mundi dengan lirik lagu yang dapat menumbuhkan semangat yang terbarukan antara lain Jangan diam Ayo bergerak.

Seusai Mars P2TEL acara dilanjutkan dengan doa sebagai perwujudan insan yang beriman dan bertakwa maka rangkaian acara Rakor Triwulan III-2023 P2Tel Tangerang Selatan ini dibuka dengan doa bersama yang dipimpin oleh SuradiĀ  yang juga mengemban amanah sebagai Sekretaris 1Ā  P2TEL Tangerang Selatan.

Ada sebuah pengharapan bersama bahwa dengan RAKORĀ  Triwulan III-2023 ini menjadi media dan wahana penguatan soliditas, solidaritas dan sinergitas P2TEL Tangerang Selatan dalam framework persaudaraan, kebersamaan dan saling peduli serta menjadikan tantangan sebagai peluang perbaikan dan pengembangan ke depan yang lebih baik.

Ada masalah ada alternatif solusinya.

KBPC P2TEL Tangsel Budi Saptono dalam kesempatan iniĀ  menyampaikanĀ  welcome speechĀ  dengan pointers sebagai berikut : Percepatan pengiriman laporan triwulanan pada tanggal 1 bulan di triwulan berikutnya dan pembuatan executive summary nya.

Hingga posisi saat ini hasil Datul semester II-2023 masih terdapat PMP yang belum selesai Datul sehingga perlu disolusikannya. Penguatan ekspos kegiatan yang saat ini dibuat dalam bentuk rekaman video. Ada monitoring progress program Bedah Rumah (BR) dan kawal dengan Pic yang bersangkutan.

Tata kelola keuangan : pembuatan executive summary laporan keuangan, setiap pengeluaran keuangan kegiatan P2TEL Tangerang Selatan dicatat secara terpusat di bendahara, laporan keuangan Guyub per triwulanan bantuan non PMP, proses RRA dengan mengoptimalkan dana operasional dan laporan keuangan dana sosial mandiri.

Usulan penggantian antar waktu atau pendampingan untuk petugas ZAKATEL P2TEL Tangerang Selatan.

Beberapa masukan Calendar of Event 2024 : pengaturan kembali jadwal KITAB 2024 (online 2 kali, hybrid 1 kali), melakukan muhibah atau studi banding ke PC lainnya, tempat penyelenggaraan RAKOR di luar kota minimal setahun sekali dan penyelenggaraan semacam PORSENI internal P2TEL Tangerang Selatan dengan lebih mengutamakan penguatan persaudaraan, kebersamaan dan saling peduli.

Memutar siklus PDCA berkelanjutan.

Dalam kesempatan iniĀ  Sekretaris 1Ā  mempresentasikan hasil SOSA P2TEL Tangerang Selatan 2023 yang dideskripsikan dengan outline :Ā  Approach (program kerja dan Calendar of event 2023 serta minute of meeting 5 Oktober 2023), Deployment (pelaksanaan SOSA), Learning (olah dan analisa data hasil SOSA), Integration (PDCA Cycle dengan membentuk Tim SOSA yang di lead oleh Suradi) dan Result yang direkap dalam 3 aspek : People, Process (Software) dan _Tools (Hardware)_.

Secara lebih detil dijelaskan bahwa dengan methodologi survey SerQual yang terdiri dari 5 dimensi kualitas pelayanan : Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty dengan skala likert 1 s.d. 5 maka diperoleh hasil SOSA 2023 sebagai berikut :Ā  Jumlah responden : 246 orang danĀ  total skor : 12.118 dengan pembagi 2.700 maka skor rata-rata 4.49Ā  sehingga tingkat kepuasan hasil survey online suara anggotaĀ  sebesar 90% (naik 2% dibanding SOSA 2022 sebesar 88%).

Dari data PMP ke Perencanaan 2024.

Yuri Gartina selaku KPC P2Tel Tangerang Selatan memimpin secara langsung evaluasi triwulan III-2023 dimulai dengan kilas balik performance achievement triwulan III-2023 kemudian dilanjutkan dengan inventarisasi data PMP : dhuafa, uzur, sakit permanen dan PMP yang memiliki anak usia sekolah (SD, SLTP dan SLTA).

Beberapa perbaikan dan atau penyesuaian kebijakan operasional dan layanan P2TEL Tangerang Selatan untuk mewujudkan anggota yang sehat dan sejahtera yang akan dituangkan dalam programĀ  kerja dan Calendar of Event 2024 serta tata kelola keuangan 2024 dengan berprinsip cost optimization.

Pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya 2024 semakin menarik dengan melibatkan para pengurus P2TEL Tangerang Selatan baik secara top down maupun bottom up sehingga proses danĀ  hasilnya akan lebih SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic dan Time bond).

Iconic P2Tel Tangerang Selatan.

Di penghujung acara Rakor Triwulan III-2023 belum lengkap bila belum disajikan pesan moral berupa pantun yang menjadi icon P2Tel Tangerang Selatan.

Indah nian kain kebaya, dipake orang pergi ke pesta.

Bersama kita berkarya, wujudkan anggota yang sehat dan Sejahtera.

Tangerang Selatan kota yang asri, banyak taman yang begitu bersih.

Demikianlah berita P2Tel Tangerang Selatan ini, kami ucapkanĀ terimakasih.

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close