Info Daerah n OpiniIslam

PC Tangsel-Gelar Kajian Intensif Selasa Series 1-Menyongsong Jamuan Ramadhan

(Oleh : Suradi-P2TEL Tangerang Selatan)-Tarbiyah Ramadhan  Terbaik 1445 H. Tema sentral Kajian Intensif Selasa menjelang dan selama  Ramadhan P2TEL Tangerang Selatan adalah “Tarbiyah Ramadhan Terbaik 1445 H”.

Alhamdulillah   kembali P2TEL Tangerang Selatan menggelar Kajian Intensif Selasa  Series 1 secara Online pada Selasa, 5 Maret 2024 pk. 20.00-21.30 Wib.

Diselenggarakan secara online untuk yang perdana ini  semakin antusias  para pesertanya. Terbukti peserta tidak hanya berasal dari P2Tel Tangerang Selatan saja namun ada juga yang berasal dari luar P2TEL  Tangerang Selatan antara lain   Jakarta Selatan, Tangerang, para santri YatimKu Bintaro asuhan Ustadz Syarif Radin, Lc, MA dan lainnya.

Dari P2Tel Tangerang Selatan turut bergabung KPC P2Tel Tangerang Selatan, KBPC P2TEL Tangerang Selatan,  para senior pensiunan, para milenial pensiunan, para pengurus serta para PMP P2Tel Tangerang Selatan  yang beragama Islam. Berperan sebagai Host Eko Yulianto, Co Host Ina Marsina dan kameraman A. Makmur.

Gema kalam Ilahi Robbi.

Jelang gema kalam ilahi Robbi, pembawa acara Yunimar setelah membaca susunan acara secara keseluruhan maka membuka dengan bacaan basmallah bersama.

Kemudian dilanjutkan  pembacaan ayat-ayat suci Al Quran surat Al Baqara ayat 183-185  dibacakan oleh Qoriah Sukaesih dengan lantunan yang menggetarkan hati dan menciptakan  keheningan para peserta  sehingga  menumbuhkan kesadaran bersama atas kebesaran dan kasih sayang Allah kepada  hamba Nya.

Adapun sebagai pembaca saritilawah adalah Siti Masitoh   dengan membacakan tarjamah ayat-ayat suci Al Quran yang dibacakan qoriah untuk memberikan pemahaman atas arti firman Allah tersebut.

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. QS 2:183

(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka, siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain.

Bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan,51) itu lebih baik baginya dan berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. QS 2:184

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).

Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain.

Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur. QS 2:185

Pengantar KPC P2TEL Tangerang Selatan.

  1. Yuri Gartina selaku KPC P2TEL Tangerang Selatan mengungkapkan rasa syukur ke hadirat Allah dan bersholawat kepada Rasulullah serta menyapa narasumber dan para peserta.

Hingga saat ini P2TEL Tangerang Selatan tetap menjaga istiqomah bertarbiyah melalui kegiatan Binroh Islam antara lain Ngaji Online setiap Senin dan Kamis pagi yang dipandu Suhebsi, membaca Al Quran tiap bulan 1 juz per orang dengan pemahaman terjamaahnya, kajian tiap bulan dengan KITAB dan kajian tiap pekan jelang & selama Ramadhan dengan KISPA nya yang dikoordinir Suradi.

Harapan kita tetap sehat tunaikan rangkaian ibadah dan amaliyah Ramadhan 1445 H. Tetap istiqomah tingkatkan iman dan taqwa kita.

Menyongsong jamuan Ramadhan.

Kajian intensif Selasa menjelang Ramadhan 1445H kali ini dimoderatori oleh Suhebsi Mudjiri dengan memperkenalkan lebih dahulu  narasumber  Ustadz Syarif Radin, Lc, MA yang memiliki berbagai pengalaman dakwah sebagai pengasuh Pondok YatimKu Bintaro dan menjadi Pimpinan Umum Pesantren Tahfidz Sulaimaniyah 600 Bintaro.

Selain itu punya kesibukan atau aktivitas  menjadi Guru Besar (MPJI) Majlis Pemulia Jenazah Indonesia sehingga punya jam terbang keliling wilayah Indonesia.

Ustadz Syarif Radin, Lc, MA mengapresiasi atas penyelenggaraan Kajian Internsif Selasa P2TEL Tangerang Selatan yang diinisiasi, diselenggarakan dan diikuti oleh orang-orang yang tulus dan ikhlas di jalan kebaikan dan kebenaran ini untuk menuntut ilmu dan hikmah serta menuai berkah.

Di awal tausiyah narasumber menganalogikan seandainya kita akan kedatangan tamu calon besan atau gubernur atau presiden ke rumah kita, maka kita akan menyambut dengan gembira dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Apalagi kita akan kedatangan tamu istimewa yaitu Ramadhan 1445H maka kita akan menyambutnya dengan lapang dada, rasa syukur dan gembira.

Lebih lanjut narasumber menegaskan kembali sebagai landasan hukum puasa adalag Al Quran, As Sunnah (Hadits), Al Ijma’ (kesepakatan ulama) dan Qiyas.

Rukun puasa ada 2 yaitu niat dan imsak (menahan diri). Syarat wajib puasa : Islam, baligh, berakal, sehat, bermukin dan suci dari haid dan nifas sedangkan syarat sah puasa : Islam, berakal, suci dari haid dan nifas  serta masuk bulan Ramadhan.

Adapun yang membatalkan puasa : makan dan minum dengan sengaja, muntah dengan sengaja, haid & nifas, gila, murtad, keluar mani dengan senagaja dan hubungan suami istri di siang hari.

Sunah-sunah puasa Ramadhan.

Mengingatkan  kembali untuk mewarnai dan memaknai Ramadhan dengan sunah-sunah puasa Ramadhan antara lain : melambatkan sahur, menyegerakan berbuka, berbuka dengan yang manis (kurma), berdoa ketika berbuka, membaca Al Quran, dzikir dan bersholawat, bersedekat, menjauhkan dari hal yang sia-sia.

Untuk penguatan iman dan taqwa kita maka perlu mengenal, memahami dan menjiwai marwah Ramadhan antara lain puasa adalah perisai (pelindung), puasa mengantar masuk syurga, pahala tanpa batas, mendapat 2 kegembiraan, bau mulut lebih harum dari kasturi, puasa akan memberi syafaat, puasa penebus dosa dan pintu ar rayyan khusus bagi yang berpuasa.

Berdoalah, bertaubatlah dan berperencanaan menyambut Ramadhan.

Dimulai dengan doa awal bulan Rajab berkah Rajab, berkah Sya’ban  bertemu dengan Ramadhan dan doa masuk Ramadhan “Ya Allah berilah keselamatam kepadaku untuk (menghadapi) Ramadhan. Berilah kesejahteraan Ramadhan untukku dan terimalah ibadah Ramadhan dariku”.

Bertaubatlah dengan memperbanyak istigfar yang selama ini mencuri maka berhenti, yang selama ini korupsi maka berhenti, yang selama ini berzina maka berhenti, yang selama ini berbohong maka berhentilah. Begitu mulianya dan jamuan istimewa  Ramadhan maka penting dan mendesak sebuah perencanaan ibadah dan amaliyah Ramadhan antara lain mengerjakan sholat fardhu dan rawatib, membaca Al Quran, bersedekah, i’tikaf dan berdzikir.

Adapun keistimewaan Ramadhan : sayyidus Syuhur (tuannya bulan), bulan diturunkannya Al Quran, bulan keberkahan, bulan ampunan, bulan obral pahala, Ramadhan dibukanya pintu syurga dan Ramadhan 1 malam seribu bulan.

Sebagai penyemangat berbagi berkat.

Kali ini P2TEL Tangerang Selatan memberikan penyemangat kepada para peserta dengan menjawab 2 pertanyaan dari narasumber Ustadz Syarif Radin, Lc, MA dan 1 pertanyaan dari Budi Saptono selaku KBPC P2TEL Tangerang Selatan.

Sebanyak 3 orang peserta yang beruntung dalam kesempatan ini adalah  Prasati Iriani (Ellien),  Sumiyem dan Siti Masitoh. Para pesertapun diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada narasumber.

Alhamdulillah 4 orang peserta mengajukan pertanyaan dengan antusias yang langsung dijawab oleh narasumber tentang berdoa menjelang, di awal dan selama Ramadhan.

Pentingnya memahami beberapa mahzab dan mayoritas di Indonesia menggunakan mahzab Imam Syafi’i. Dijelaskan juga kapan membayar dan kapan melakukan qadha puasa. Selain itu adanya 3 opsi waktu sholat dhuha yaitu pagi, tengah dan sebelum dhuhur.

Adapun  kesimpulan dari tausiyah yang bertema “Menyongsong jamuan Ramadhan” ini ada 4 mutiara hikmah.

Pertama pentingnya berbekal ilmu tentang Ramadhan yang dalam rukun Islam yang ke 4 adalah puasa.

Kedua, berdoa dalam menyambut dan mengisi Ramadhan.

Ketiga, bertaubat dengan memperbanyak istigfar.

Keempat, perencanaan ibadah Ramadhan (sholat, membaca Al Quran, sedekah, I’tikaf dam berdzikir).

Akhirnya acara KISA Series 1 ini ditutup dengan   untaian  doa yang dipimpin langsung  oleh seorang santri pesantren YatimKu Bintaro asuhan Ustadz Syarif Radin, Lc, MA.

Tangerang Selatan kota yang asri, banyak taman yang  mempesona.

Demikianlah acara KISA  ini,  semoga kita jumpa di majlis ilmu  Ramadhan berikutnya (Oleh : Suradi-P2TEL Tangerang Selatan)-FR*

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close