Info Daerah n Opini

PC Bekasi Timur-Langkah Sukses Program Pemberdayaan Ekonmi Produktif Sbg Modal Usaha Pensiunan

Pensiun adalah masa yang diimpikan banyak orang, di mana mereka bisa menikmati hasil kerja keras mereka tanpa beban pekerjaan. Namun, bagi sebagian orang, kekhawatiran keuangan masih tetap menghantui. Salah satu solusi yang mungkin terabaikan adalah memanfaatkan pinjaman Pemberdayaan Ekonomi Produktif (PEP) P2TEL tanpa bunga untuk meningkatkan usaha yang dilakukan sebagian dari pensiunan di PC P2TEL Bekasi Timur.

Sebagian PMP di lingkungan PC P2TEL Bekasi Timur mempunyai usaha kecil yang sudah dirintis sebelum pensiun, namun ada juga yang baru merintis setelah masa pensiun. Adapun usaha yang mereka jalankan sangat bervariasi ada usaha sembako, makanan, kue, herbal, garment, alat tulis kantor, pulsa HP, token listrik, salon dan rias pengantin.

Setiap pensiunan yang mengajukan pinjaman PEP tentunya akan melalui tahap verifikasi yang dilakukan oleh koordinator bidang PEP bapak Rukmadi, yang tentunya diawali oleh masing-masing ketua komsat. Syarat utama diprioritaskan bagi para PMP yang MP setiap bulannya < 1 juta dan mempunyai wirausaha minimal sudah berjalan 6 bulan dan hanya digunakan untuk pengembangan wirausaha.

Dan pada akhirnya Ketua PC P2TEL Bekasi Timur bapak M. Mulyadi adalah yang mempunyai wewenang untuk menentukan layak dan tidaknya pengajuan pinjaman PEP oleh PMP.

Sebuah prestasi yang sangat baik bagi PC P2TEL Bekasi Timur dengan pengelolaan program Pinjaman Pemberdayaan Ekonmi Produktif (PEP). Dari dana awal sebesar Rp. 25.000.000,- dimanfaatkan oleh beberapa pensiunan untuk memajukan usahanya, kini dana tersebut telah digulirkan sebanyak 37 kali dalam jangka waktu 5 tahun dengan nilai sebesar Rp. 122.500.000,-.

Pinjaman dengan tanpa bunga dapat menjadi alat yang sangat berguna bagi PMP yang ingin mengoptimalkan dana pensiun mereka. Dengan memanfaatkan pinjaman ini secara cerdas, PMP dapat memiliki akses cepat kepada dana tambahan, berinvestasi dalam kesempatan yang menguntungkan, dan menjaga fleksibilitas keuangan.

Namun, seperti halnya dengan semua keputusan keuangan, penting untuk melakukan riset dan konsultasi dengan profesional sebelum mengambil langkah ini. Dengan perencanaan yang cermat, PMP dapat menikmati manfaat bunga nol persen dan meningkatkan keamanan keuangan mereka di masa pensiun.

(Troi Anderson – PC P2TEL Bekasi Timur)-FR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close