Info Daerah n OpiniInfo Pusat

Ubah Paradigma Pelatihan Hanya Peningkatan Skill

Latar Belakang.

Dalam menentukan suatu jenis pelatihan  era sekarang kita harus fokus pada customer/market, menjadi konsekwensi logic bahwa kita harus menganalisa want and need  suatu market.

Dan  dalam bisnis/usaha tidak pernah lepas dengan kompetitor, keduanya sangat menentukan maju mundurnya suatu usaha.

Di satu sisi laris tidaknya suatu product/jasa di pihak customer/market, disisi lain kompetitor yang memiliki strategi lebih piawai berpotensi menggerus ceruk pasar suatu produk/jasa. Hal demikian bisa membuat suatu usaha melupakan untuk memberikan yang terbaik bagi customernya.

Kondisi yang demikian itulah diperlukan suatu pelatihan guna memberikan yang terbaik bagi customer.

Pelatihan tidak hanya diarahkan pada peningkatan skill belaka, tetapi lebih dapat dikembangkan dan dikiprahkan dalam bentuk suatu usaha.

Suatu rentang benefit pelatihan akan lebih luas didapat dari suatu pengembangan dan memperluas ranah bisnis/usaha.

Pelatihan ini mempertimbangkan peluang market share bisnis after sale hp di area Bandung Raya yang masih prospektif untuk mendapatkan margin.

Disamping hal tsb diatas, Cabang P2Tel dapat mengusahakan bisnis/usaha service hp dengan assesorisnya dan dapat mempekerjakan alumni peserta pelatihan atau dalam bentuk kerjasama usaha.

Pelatihan Service HP.

Keputusan Top Manajemen P2Tel dalam menetapkan pelatihan service HP tentunya tidak terlepas dari amanah AD/ART P2Tel Tahun 2024, pada Pasal 6 (3) dan (4) bahwa salah satu misi P2Tel adalah meningkatkan pemberdayaan Cabang melalui pelatihan serta membantu pembentukan dan pimbinaan usaha baik perorangan dan/atau kelompok anggota dan memberikan ketrampilan sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga anggota P2tel dan menjadikan Program Utama diantaranya oleh Ketua Umum P2Tel 2024 -2025.

Adapun harapan pelaksanaan dari pelatihan service hp ini:

1-Meningkatkan skill,

2-Memberikan peluang untuk mendapatkan pekerjaan dan/atau usaha lebih besar,

3-Mempermudah dalam mengelola dan menjalankan usaha,

4-Meningkatkan kesejahteraan anggota P2Tel,

5-Pembentukan usaha untuk membantu biaya operasional Organisasi P2Tel.

Pelaksanaan Pelatihan.

Pelatihan ini diikuti peserta dari Cabang P2Tel Bandung Raya dan dilaksanakan selama 10 hari kerja pada tanggal 10 Maret – 21 Maret 2025 dengan sejumlah 15 peserta, mengambil tempat  Pelatihan diadakan di Ruang Transmisi Kantor P2Tel, Jl. Supratman 48 Bandung.

Langkah pelaksanaan pelatihan baik dari aspek peserta, tempat pelatihan adalah dalam mengefisienkan penyelenggaraan pelatihan dan beberapa peserta  terbaik akan menjadi Trainer TOT Pelatihan lanjutan di wilayah lainnya [transfer of knowledge].

Pada hari terakhir pelatihan, Jum’at  tanggal 21 Maret 2025 akan mengadakan bhakti sosial service hp gratis [spare part beli/tdk gratis] di lingkungan Cabang P2Tel Bandung Raya.

Pelatihan ini terlaksana atas dukungan pihak CDC TELKOM dan P2Tel.

Keunikan Design Pelatihan Service HP.

Dalam menyusun materi pelatihan service hp kita memotret kondisi factual di lapangan dengan penambahan ide untuk memberikan value add bagi customer.

Pelatihan service ini kita design tidak hanya permasalahan bagaimana dalam perbaikan hp, tetapi dengan penambahan-penambahan  penjualan product baru, asesoris dan after sale.

Bisnis proses ini kita design secara end to end  dan yakini fit dalam implementasinya serta unggul dalam berkompetisi baik service maupun product.

Group Support System.

Group support system ini akan dibentuk dan diperuntukan untuk para alumnus pelatihan ini, dalam sharing experience dan Support System yang akan dipandu oleh Guru nya bila terdapat new product jenis merek hp tertentu dengan versi barunya. (Arudy Haris)-FR*

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close