Telkom bersama tiga juta UKM
JAKARTA (IndoTelko)-Telkom melalui Divisi Business Service (DBS) mencatat prestasi dalam hal membawa pelaku UKM Goes Digital (2016). “Tahun 2015, Telkom DBS membawa sejuta UKM Goes Digital. Dengan Prestasi itu kami bisa lompat lebih tinggi. Tahun 2016, kita jadikan 3 juta pelaku UKM Goes Digital,” ungkap GM Micro Business Telkom DBS Adrian Sani Harahap ke IndoTelko (12/1).
Diungkapkannya, secara geografis para pelaku UKM asal DKI Jakarta yang cepat mengadopsi platform digital yang disediakan Telkom. “Pelaku UKM dari Jakarta ada sekitar 35%, setelah itu Jawa Barat ( 12,5%), Jawa Timur, dan wilayah lainnya,” paparnya.
Adapun layanan2 dari Telkom yang diminati pelaku UKM : Fixed broadband, mobile broadband, membangun portal, hingga layanan email. “Pencapaian ini menunjukkan Telkom berjalan di jalur benar menggarap solusi Teknologi Informasi (TI) bagi UKM dan potensi pasarnya ada,” katanya.
SM Marketing Telkom DBS, Sabri Rasyid mengatakan platform mendorong UKM Goes digital adalah portal www.smartbisnis.co.id. “Di portal itu jumlah merchant terus tumbuh. Ibarat super portal yang kita dedikasikan untuk UKM Goes Digital. Mulai informasi hingga solusi untuk UKM mengenal TI ada”.
Telkom melalui DBS gencar menyasar pasar UKM. Operator pelat merah ini membuktikan dirinya sebagai pionir dalam menggarap pasar UKM tersebut. Berbagai program yang diluncurkan sejak tahun 2015 diantaranya Gerakan BAGUS Indonesia (Bina Aspirasi Gerakan Sejuta UKM Seluruh Indonesia).
Dilanjutkan Program cukup menarik perhatian, yakni membangun Kampung UKM Digital dan Kampung Nelayan Digital, serta ratusan Sentra Bisnis. “Dari sisi produk, Telkom gencar meluncurkan inovasi2 produk dan solusi khusus buat UKM, mulai dari Star Connect untuk layanan Konektifitas High Speed Internet dan terakhir STAR Box. Tahun ini kita rilis produk2 agar bisa bersaing di pasar,” tutupnya.(id; http://m.indotelko.com/kanal_lipsus?di=1&c=lip&it=tiga-juta-ukm-telkom)-FatchurR