Aku cinta Indonesia

Sebuah mimpi-Cycle energy

Banyak yang belum tahu, bahwa ditahun 1796, seorang petani Perancis, Joseph Michel Montgolfier menciptakan sebuah pompa air, yg bisa mendorong air dari bawah ke atas, tanpa menggunakan tenaga listrik ataupun BBM. Penciptanya memanfaatkan pompa tsb untuk mengairi ladang gandumnya. Pompa air yg sering disebut sebagai Pompa Hidram, atau Pompa Hidran, atau Hydraulic Ram Pump, atau juga disebut Water Hummer Pump, dapat berfungsi karena adanya tenaga Gravitasi.

 

Tekanan air yg ada di pipa inlet (drive pipe) dan akan keluar melalui katup pembuangan di outlet (waster valve). Tenaga gravitasi, akan mendorong air yg masuk ke dalam pipa akan menebabkan katup pembuangan bergerak keatas sehingga menimbulkan daya tekan di pipa outlet. Daya tekan inilah yg akan mendorong air naik keatas.

 

Pompa ini dapat bekerja bertahun-tahun nonstop dan hanya memerlukan maintenance yg ringan, setahun sekali mengganti klep yg terbuat dari ban mobil bekas. Dalam perkembangannya daya dorong air yg awalnya hanya beberapa meter, saat ini sudah bisa dimodifikasi hingga mampu mendorong keatas sampai ketinggian 100 meter, setara dengan ketinggian gedung lantai 25.

 

Sebetulnya, Pompa hidran, kalau bisa di modifikasi dengan memperbesar debit air, tidak tertutup kemungkinan untuk menciptakan sebuah Pembangkit Listrik gratis, yg mampu bekerja sepanjang tahun, melengkapi pembangkit listrik gratis yg sudah ada, tenaga matahari, tenaga angin, tenaga air, dan tenaga arus laut.

 

Kalau sebuah bak berisi air, lalu dengan tenaga gravitasi justru bisa didorong keatas, lalu air dialirkan lagi ke bak tersebut, maka tenaga air yg jatuh kebawah, bisa dimanfaatkan untuk memutar sebuah turbin ataupun sebuah kincir air yg bisa menggerakkan sebuah generator listrik.

 

Hampir semua jenis kincir air bisa digunakan, baik kincir air model Poncelet, model Sagebien maupun Barkrs Mill. Kalau berhasil, jadilah sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), yang menggunakan prinsip CYCLE ENERGY (belum pernah ada).

 

Implementasi Cycle Energy sangat luas dan bemanfaat bagi umat manusia. Asal ada air, dimanapun bisa dibangun PLTMH, kecuali di daerah kutub. Tapi ya itu tadi Jer Basuki Mawa Bea, kalau mau berhasil, tentu ada bayanya. (Galeri War Amor Patria)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close