Iptek dan Lingk. Hidup

Kopi termahal didunia

Banyak orang menyukai kopi. Bahkan mereka rela merogoh uang yang tidak sedikit demi minum kopi dengan harga mahal. Di bawah ini adalah kopi-kopi termahal di dunia seperti ditulis  oleh Wall to Watch (11/08).

 

Kopi Luwak

Kita sering mendengar nama kopi ini meski ada yang belum pernah meminumnya. Kopi Luwak berasal dari Indonesia. Kopi ini berasal dari hewan luwak yang makan biji kopi namun tidak bisa mencernanya. Sehingga kotorannya masih berupa biji kopi utuh, namun di situlah letak istimewanya. Harga per 500 gram kopi Luwak asli dibandrol dengan harga USD 115-590 (Rp 1-5,5 jutaan).

 

La Esmeralda

Setiap 500 gram kopi La Esmeralda, kita harus membeli dengan harga USD 100 atau sekitar Rp 950.000. Kenapa mahal sekali? Sebab biji kopi yang satu ini diproduksi dari lahan Esmeralda Jaramillo di pegunungan Panama Barat. La Esmeralda punya cita rasa yang kuat karena iklim dingin dan proses panen yang dilakukan dengan hati-hati.

 

St. Helena Coffee

Kopi ini juga enak tapi tidak semahal kopi luwak dan La Esmeralda.Namanya St. Helena Coffee yaitu kopi dari pulau kecil bernama Saint Helena. Kopi tersebut berasal dari Green Tipped Bourbon Arabica yang merupakan biji kopi eksklusif yang hanya ada di pulau Saint Helena. Kopi seharga USD 80 (sekitar 750.000) per 500 gram ini punya rasa segar seperti buah.

 

Fazenda Santa Ines Coffee

Kopi Fazenda Santa Ines Coffee berasal dari Minas Gerais di Brasil. Harganya USD 50 (sekitar Rp 470.000) setiap 500 gram. Apa yang membuat kopi ini punya harga mahal? Rupanya proses produksinya dilakukan secara tradisional di lahan Fazenda Santa Ines. Tidak ada mesin yang terlibat dalam prosesnya. Untuk rasa, Fazenda Santa Ines Coffee cukup manis mirip karamel dan buah berry.

 

Blue Mountain Coffee

Terakhir, kopi mahal di dunia adalah Blue Mountain Coffee yang memiliki harga USD 45 (sekitar Rp 420.000) per 500 gram. Kopi ini terkenal karena hampir tak memiliki rasa pahit. Biji kopi Blue Mountain Coffee juga kabarnya dijadikan rasa dasar dari minuman beralkohol Tia Maria.

 

Nah ternyata Luwak-lah yang paling mahal. Anda tertarik untuk mencobanya ? (1002; http://kabarinews.com/kopi-kopi-termahal/48025)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close