Info Pusat

Transformasi Organisasi P2TEL

Kantor2 Cabang dan Komisariat P2TEL saat ini kelihatannya sedang  berbenah diri dan sibuk menjalankan tugas masing2. Cabang tersebar di seluruh Indonesia berjumlah 115 berupaya melayani puluhan ribu Anggota . Saat ini kemungkinan belum sempat menginformasikan tentang Transformasi Organisasi P2TEL ke semua anggota, khususnya yang di luar Jawa yang tersebar di beberapa pulau.

 

Bila mungkin diantara Bpk/Ibu belum mendapatkan informasi dari Pengurus Cabang dan Komisariat P2TEL tentang “Transformasi Organisasi P2TEL”, izinkan pada kesempatan ini kami informasikan Kronologi singkat Upaya PP-P2TEL (Pengurus Pusat P2TEL) periode 2010-2014  dari awal perencanaan s/d berakhirnya pelaksanaan Musyawarah Nasional Pengganti pada bulan February  2012 yl. Sbb:

 

  1. Mengemban amanat hasil MUNAS 2010, PP-P2TEL periode 2010-2014  wajib  melaksanakan  beberapa program, diantaranya “Mengevaluasi Struktur Organisasi P2TEL”, dengan mempertimbangkan perkembangan Internal & eksternal P2TEL. Mengupayakan bentuk Organisasi yang fleksibel dan tidak mudah terpengaruh terhadap perubahan Transformasi Organisasi PT. TELKOM , sebagai pembina.
  2. Awal Januari s/d pertengahan Februari 2011, PP-P2TEL melakukan Inventarisasi Data, menampung aspirasi Anggota, mempelajari Transformasi Struktur Organisasi TELKOM, mencari referensi bentuk Organisasi Pensiunan di PT. Pos Indonesia, PEP-ABRI, Bank Indonesia serta mempelajari faktor  eksternal dan Internal yang mempengaruhi  Organisasi P2TEL. Hasil evaluasi dan analisa telah dituangkan dalam Draft “Buku Transformasi Organisasi P2TEL”
  3. Pada tgl 14 Februari – Juli 2011 PP-P22TEL bersama DAPENTEL melakukan Konsolidasi/sosialisasi ke beberapa Wilayah dan Cabang guna menyampaikan segala aktivitas PP-P2TEL dan DAPENTEL yang telah/sedang dan akan dilakukan, serta menyampaikan harapan PP-P2TEL dan DAPENTEL serta menampung saran dan harapan  Wilayah dan Cabang guna menyempurnakan langkah  aktivitas dihari depan yang lebih baik.

 

  1. Konsolidasi bidang Organisasi memaparkan hasil Evaluasi/Analisa ttg Transformasi Organisasi P2TEL, dengan tujuan mengajak rekan Wilayah dan Cabang untuk memikirkan bersama dampak pengaruh lingkungan terhadap Organisasi P2TEL dan pentingnya P2TEL segera melaksanakan Transformasi Organisasi. Hasil konsolidasi menunjukkan bahwa lebih dari 70% Wilayah , sebagian besar menyatakan secara tertulis menyetujui diadakan Transformasi Organisasi P2TEL dan mengusulkan agar pelaksanaannya melalui mekanisme Musyawarah Nasional  Luar Biasa (MUNASLUB) atau Musyawarah Nasional Pengganti (Musyawarah melalui media surat-menyurat, tlp, Fax, email).

 

  1. Bln Juli-Des 2011 PP-P2TEL  mengevaluasi hasil Konsolidasi. Dengan mempertimbangkan efisiensi Waktu dan biaya, kesepakatan Transformasi Organisasi akan dilakukan melalui mekanisme” Musyawarah Nasional Pengganti”. Segala keperluan untuk pelaksanaan Musyawarah mulai dipersiapkan : Final Draft “Buku Transformasi Organisasi”, Podoman Pelaksanaan, Tata tertib, Kepanitiaan, Sekretariat, dan lain-lain. Hal lain yang penting, PP-P2TEL dalam melangkah konsisten terhadap ketentuan AD/ART yang telah ditetapkan dan memegang teguh Komitmen yg disepakati.

 

  1. Pada tgl. 27 Desembe r 2011, Ketua Umum P2TEL mengirim surat Edaran keseluruh Wilayah dan Cabang  P2TEL seluruh Indonesia (10 Wilayah dan 115 Cabang), dilengkapi dengan semua Dokumen pendukung yang diperlukan, serta hasil kajian yang mengusulkan “Penghapusan P2TEL Wilayah”. Disampaikan juga Questionaire Setuju atau Tidak Setuju Penghapusan P2TEL Wilayah. Inti surat Edaran secara garis besar menginformasikan bahwa “Musyawarah Nasional Pengganti” (MUNASTI) akan dilaksanakan pada awal Februari 2012.

 

  1. Tgl. 7 Februari  2012 “Munasti” dilaksanakan di Jl. Supratman 48 Bandung. Pimpinan Musyawarah dan Ketua Panitia adalah Bpk. Garuda Sugardo dan Bpk. Adek Yulianwar, didampingi sbg. Wakil adalah Bpk. Adeng Achmad, Ketua Tim Perumus adalah Bpk. Jusuf Kurnia.

 

Pembukaan sampul Questionaire disaksikan oleh Badan Pengawas Pusat P2TEL, Perwakilan Wilayah dan Cabang serta Notaris yang ditunjuk. Pelaksanaan Musyawarah dilaksanakan secara terbuka, siapapun yang berminat hadir diperbolehkan. Para Pengurus dan para Anggota P2TEL dari Bandung & Jakarta turut hadir menyaksikan seluruh rangkaian acara pelaksanaan MUNASTI.

 

Hasil Questionaire dari seluruh peserta menunjukkan 89,29 % menyetujui Penghapusan P2TEL Wilayah, 10,71 % tidak setuju Wilayah dihapus. (Informasi secara rinci ada di beberapa Dokumen terlampir)

  1. Kami menghimbau dan mengajak para Ketua Cabang, Komisariat dan seluruh Anggota P2TEL untuk konsisten dan memegang teguh komitmen yang telah kita bangun bersama. Jangan terpengaruh bila mungkin ada profokasi negatif dari Individu2 maupun kelompok kecil yang ingin merusak tatanan Organisasi P2TEL.

 

Marilah kita bekerjasama membangun P2TEL yang kita cintai ini untuk terus maju menyongsong hari depan yang lebih baik dengan modal utama Semangat Perubahan, Semangat Kebersamaan, Semangat Kemandirian dan Semangat mewujutkan Kesejahteraan. Masih banyak yang harus kita kerjakan dan sempurnakan guna berbenah diri pada pasca MUNASTI.

 

Kita lakukan Revitalisasi kepengurusan  menuju P2TEL yang “Bermartabat” dan “Bermanfaat”. Menjadi Organisasi yang punya “Harga diri” dan punya “manfaat” bagi Anggota dan Mitra Kerja. Semoga ALLah, SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kekuatan dan meridloi keinginan kita bersama.

 

(+Salam Kebersamaan Tjahjanto/460015+; Kelompok Restrukturisasi PP-P2TEL)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close