Kesehatan

Kenali bahaya soda

Minuman bersoda kerap jadi pilihan di berbagai kegiatan, misalnya saat menonton TV/bioskop bersama teman, ngobrol di kafé, nonton pertandingan, atau piknik bersama keluarga. Cuaca panas jadi alasan minuman bersoda dingin jadi pilihan. Tua muda menggemari minuman penyegar dahaga ini.

 

Tak dapat dipungkiri rasanya menyegarkan, tapi sebenarnya konsumsi minuman bersoda terlalu banyak justru bisa merugikan kesehatan. Banyak minuman bersoda dijual bebas dan sangat mudah didapatkan di toko dan swalayan. Dari beberapa minuman itu mencantumkan label 0 kalori dan membuat Anda berpikir bahwa minuman ini aman dikonsumsi.

 

Sebenarnya apapun jenis minuman bersoda yang Anda minum tetap saja dapat memberikan efek negatif. Berikut ini beberapa efek buruk yang akan terjadi pada tubuh akibat mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan.

 

Berat badan naik

Minuman bersoda memicu pertumbuhan berat badan Anda sehingga bisa menggagalkan program diet yang dijalani. Meski di label kemasan diklaim sebagai minuman rendah atau tanpa kalori tetap saja rasa manis gula buatan dari diet soda akan membuat Anda merasa lapar lebih cepat dari waktu normal.

 

Tidak berbeda dengan yang merasa kurus atau kurang berisi badannya. Mungkin Anda pikir bahwa dengan mengkonsumsi minuman bersoda tubuh Anda terbantu cepat gemuk. Cara ini bisa dilakukan tapi Anda harus tahu penambahan berat badan yang dipicu oleh minuman bersoda bukan sesuatu yang positif. Pasalnya bobot tubuh yang Anda dapatkan dari konsumsi minuman bersoda bukan bobot tubuh sehat dan kencang, badan mudah lelah dan kemungkinan terkena penyakit lebih mudah karena kadar gula naik.

 

Kadar gula naik

Kadar gula tinggi yang terkandung dalam minuman bersoda menjadi sesuatu yang berbahaya bagi tubuh karena bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh.  Kondisi ini bisa menyebabkan Anda menderita penyakit diabetes tipe 2, yakni penyakit diabetes yang disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

 

Minuman bersoda dengan label sugar free sebaiknya dihindari. Pasalnya minuman jenis ini bahkan lebih berbahaya lagi dibandingkan minuman soda biasa karena pemanis yang digunakan adalah pemanis buatan yang memiliki bahaya besar bagi tubuh.

 

Berbahaya untuk organ ginjal

Fungsi ginjal di dalam tubuh untuk mengolah minuman yang dikonsumsi menjadi urin. Kerja ginjal akan lebih berat jika Anda secara rutin mengonsumsi minuman bersoda karena zat-zat berbahaya yang dikandungnya sehingga penyaringan akan lebih sulit dilakukan oleh ginjal.

 

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sering mengonsumsi minuman bersoda akan lebih mudah terkena gagal ginjal. Rasa yang unik pada minuman bersoda serta efek menyegarkan yang diberikannya menjadi alasan Anda untuk meminumnya.

 

Kini sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi minuman itu karena dampak negatif yang bisa ditimbulkan bagi tubuh Anda. Anjuran mengkonsumsi air putih atau jus buah alami jauh lebih disarankan untuk mendapatkan tubuh sehat dan segar. (Pipit; http://kabarinews.com/kenali-bahaya-minum-soda/48151)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close