Psikologi

Kopi yang Pas Rasanya

Kopi tak lagi sekadar minuman yang biasa. Minuman berwarna hitam ini sudah menjadi bagian gaya hidup. Lalu, bagaimana caranya agar kopi yang kita sajikan bisa pas rasanya? Billy, Barista Trainer membagi tipsnya.

 

Merebus kopi juga tak sembarang, air panas yang digunakan haruslah air yang dididihkan langsung, bukan dari dispenser. “Derajat panasnya itu juga bukan yang 100⁰  derajat, tetapi sekitar 90⁰. Bicara soal panas sebenarnya balik lagi kepada jenis kopi itu sendiri, tetapi kalau kopi umum biasanya di bawah 100⁰,” jelas Billy.
Jika Anda menggunakan panas 100⁰, menurut Billy akan menyebabkan kopi akan hangus yang bisa mengurangi rasa si kopi itu. “Karena biji kopi itu juga kan sudah melalui proses oven, jadi kalau diseduh dengan air yang panas, kopi juga akan hangus,” katanya.
Cara penyajian juga tak bisa sembarangan. Untuk mendapatkan rasa yang mantap, hindari mencampur bubuk kopi dengan gula sebelum dituang air panas. “Tuang kopinya, lalu air panas, tunggu ± 3 menit sampai kopi benar-benar bercampur dengan air, lalu masukan gula, dan aduk hingga rata,” tuturnya.
Pencampuran dua kimia antara kopi dan gula adalah alasan kopi harus terlebih dahulu dicampurkan dengan air agar rasa kopi tetap terjaga. (Iin Indira; tribunnews/19/1/13)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close