Kesehatan

Makanan pemicu insomnia

Makanan bisa menjadi sumber penyakit dan kesehatan. Yang tinggi karbohidrat kerap jadi pemicu masalah insomnia atau sulit tidur yaitu gangguan yang sering dialami banyak orang. Umumnya manusia butuh minimal 8 jam tidur sehari untuk tetap fit. Berikut adalah makanan yang bisa memicu insomnia, seperti dilansir Boldsky.

1. Kafein
Makanan tinggi kafein menjadi bagian dari makanan sehari-hari yang kerap kita konsumsi. Teh, kopi, cokelat dan minuman energi merupakan pembawa kafein. Ingat, kafein baik dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Konsumsi kafein berlebihan dapat memicu gangguan tidur, terutama insomnia.

2. Alkohol
Alkohol dapat menyebabkan masalah dehidrasi yang mengarah pada terganggunya hormon serotonin, yang mengakibatkan sulit tidur.

3. Makanan tinggi protein
Makanan kaya protein, terutama daging merah, sangat sulit untuk dicerna. Makanan ini dapat menyebabkan masalah tidur dengan menghambat produksi serotonin yang membuat Anda terjaga sepanjang malam.

4. Makanan pemicu gas
Makanan yang dapat memproduksi gas di perut dan sakit maag membuat tidur Anda tidak nyaman. Maka, hindari konsumsi berlebihan makanan yang dapat memproduksi gas seperti kacang polong, kacang-kacangan dan brokoli.

5. Makanan tinggi gula
Makanan tinggi gula dapat menyebabkan ketidakseimbangan pola tidur. Jadi, sebaiknya hindari makanan ini sebelum Anda tidur.

6. Produk susu
Beberapa orang memiliki kebiasaan minum susu sebelum tidur. Tahukah Anda bahwa itu bisa menjadi pemicu masalah insomnia yang sering kita hadapi. Makanan yang mengandung susu kaya akan lemak yang sulit untuk dicerna, sehingga dapat menyebabkan rasa mulas.

7. Makanan cepat saji
Makanan jenis ini tidak diragukan lagi memiliki potensi sebagai pemicu insomnia. Selain tinggi lemak, makanan cepat saji juga kaya akan bumbu, yang membuat perut terasa tidak enak saat malam. Inilah yang pada akhirnya menyebabkan insomnia.

8. Tembakau dan nikotin
Kebiasaan buruk, seperti merokok, dapat menyebabkan insomnia dan masalah gangguan tidur lainnya. Jadi, bagi Anda yang gemar merokok, hindari kebiasaan ini sebelum tidur.

9. Cairan
Minum terlalu banyak air baik untuk tubuh, tetapi saat malam Anda dianjurkan membatasi minum sedikit. Selain membuat kembung, minum air terlalu banyak malam hari membuat Anda lebih sering pergi ke kamar kecil.

10. Makanan kemasan
Makanan kemasan atau olahan juga dikenal sebagai makanan senitive. Makan makanan ini pada malam hari dapat menyebabkan rasa mulas karena mengandung lemak tinggi.

Inilah sepuluh makanan yang dapat memicu masalah gangguan tidur. Sebaiknya hindari konsumsi makanan ini jika Anda tak ingin mengalaminya. (GWAP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close