Kesehatan

Menjaga Kesehatan Tubuh Saat berpuasa

(1health.id)- Bulan Ramadan dimanfaatkan sebagian orang menurunkan berat badan mereka. Namun, jika terlalu berlebihan, hal ini justru memengaruhi kesehatan tubuhnya. Sangat penting menjaga kesehatan tubuh Anda selama berpuasa.

 

Banyak yang kehilangan jumlah massa tubuh mereka. Karena itu, penting untuk Anda urus hal2 ini sejak awal sehingga Anda tidak perlu menghadapi konsekuensi negatif di kemudian hari. Inilah cara2 tetap menjaga kesehatan dan massa tubuh yang ideal selama bulan Ramadan:

 

Jangan batasi kalori

Penting untuk Anda tidak batasi jumlah kalori yang Anda konsumsi. Anda menahan lapar ± 14 jam lamanya, dan sangat penting bagi Anda mendapatkan kembali energi yang hilang selama berpuasa.

 

Jaga Tubuh tetap terhidrasi

Ketika Anda berbuka puasa, pastikan Anda menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dehidrasi dapat memberikan sejumlah dampak negatif bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, minumlah air sebanyak yang Anda butuhkan untuk menjaga tubuh Anda dari dehidrasi.

 

Makan makanan bergizi

Makan berlebihan saat berbuka puasa itu harus dihindari. Pastikan makanan2 yang disiapkan berbuka itu makanan sehat-bergizi. Makanan ini tidak dapat mengembalikan energi Anda yang hilang, namun setidaknya makanan ini membantu mempertahankan massa tubuh dan kekuatan otot. Konsumsi semua makanan yang cukup, sehingga kesehatan atau berat badan Anda tidak terpengaruh saat berpuasa.

 

Jangan melewatkan waktu makan

Anda telah berpuasa hampir sepanjang hari, maka dari itu, pastikan tidak melewatkan makan ketika waktu berbuka puasa telah tiba. Sangat penting bagi Anda untuk makan tepat waktu agar dapat mengisi ulang energi dalam tubuh Anda yang terkuras selama berpuasa.

 

Mengonsumsi lemak baik

Lemak yang baik membantu Anda meningkatkan energi dan kekuatan otot, sehingga penting jika Anda memasukkan lemak baik ke dalam menu makanan atau berbuka puasa Anda. (Claudia Ramadhani; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/jaga-kesehatan-tubuh-saat-berpuasa-dengan-5-hal-ini.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close