Psikologi

Permainan Adu Jangkrik Dan Adu Domba

(1)-Di alam bebas binatang yang namanya JANGKRIK itu hidup damai. Mereka pada berbunyi merdu nyaring laksana musik alam . Jarang ada yang berkelai apalagi berkelai  sampai mati.

 

Namun jika JANGKRIK itu diletakan di TABUNG ADU, dengan teknik provokasi tertentu (dalam bahasa jawa: diutik-utik/dikileni), maka masing2 JANGKRIK berbunyi keras dan berkelahi hebat, bahkan sampai luka dan mati. JANGKRIK JANGKRIK itu diadu oleh PENGADU JANGKRIK

Adu jangkrik ini jaman dulu dilakukan anak anak ketika saya di Jawa timur.

 

(2)-Di alam bebas binatang yang namanya DOMBA itu hidup damai.

Memang kadang mereka berkelai kecil  berebut betina .., namun perkelaiannya tidak sampai mati.

Jika DOMBA(jantan) di tempatkan ARENA ADU…, dengan teknik provokasi tertentu.., DOMBA DOMBA itu bisa saling berkelai mengadu kekuatan dengan sangat hebat.

 

DOMBA DOMBA itu diadu oleh PENGADU DOMBA. Adu domba ini jaman dulu banyak ditemui di Jabar. Sampai saat ini masih ada dan domba adu terkenalnya dari Garut.

 

(3)-Dikalangan masyarakat, kodrat manusia adalah makhluk sosial saling menyayangi sesama , saling membutuhkan mereka  memiliki PERIKEMANUSIAAN. Jika manusia rendah atau hilang kesadarannya bisa hilang PERIKEMANUSIAAN nya jadi turun martabatnya menjadi makhluk  yang mudah DIADU sesama manusia (entah siapa yang mengadu) seperti permainan ADU JANGKRIK dan ADU DOMBA.

 

Semoga kita tetap sadar  menjadi makhluk mulia tidak turun derajatnya menjadi JANGKRIK atau DOMBA(@Miranto; SSA; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close