Kesehatan

Sebel dengan jerawat

Ahli kesehatan kulit selalu menyarankan agar tidak memencet jerawat. Tapi beberapa dari kita mungkin pernah mencoba memencet jerawat, akhirnya ada yang berhasil menghilangkannya. Namun banyak juga yang membuat jerawat menjadi lebih parah setelah dipencet.

 

Pada dasarnya dikarenakan resiko infeksi yang terjadi setelah jerawat dipencet. Ini karena tangan kita yang tidak steril, walau kita mungkin sudah membersihkan tangan kita dengan sabun dan air bersih. Tapi kondisinya masih dibilang bersih, bukan steril.

 

A. Memecet jerawat harus dilakukan secara steril.

Memencet jerawat tak menyelesaikan masalah. Karena kita harus mengatasi penyebab utama munculnya di wajah. Banyak faktor penyebabnya jerawat, seperti hormonal, stress, makanan penyebab jerawat, kulit berminyak. Banyak penyebab jerawat, maka harus komprehensif mengatasinya. Jadi tidak hanya memencet, karena jika tangan tidak bersih atau steril, bisa menyebabkan infeksi lebih lanjut.

 

Anda harus ke dokter kulit atau ahli perawatan kulit untuk mengobati jerawat. Karena mereka akan membersihkan jerawat anda dengan cara yang bersih atau steril. Mereka memakai alat yang steril, sehingga akan terhindar dari infeksi saat jerawat diektraksi.

 

Jika terpaksa ingin memencet jerawat, maka caranya yang bersih atau steril. Cuci tangan anda dengan air mengalir, basuh wajah dengan air mengalir. Lalu usap tangan anda dengan alkohol dan daerah di bagian jerawat yang akan dipencet. Ini dilakukan pada jerawat matang atau pada jerawat nasi (karena warnanya yang putih).

 

B. Jerawat bisa hilang tanpa dipencet.

Pada jerawat yang berbintik atau benjolan merah, sebaiknya biarkan hilang dengan sendirinya. Jangan berupaya memencet, karena tidak akan berhasil. Mungkin merusak pori kulit dan berbekas jadi hitam. Cuci atau kompres dengan air hangat, lalu bilas dengan air bersih akan mengurangi peradangan di kulit.

 

Dan kebersihan wajah harus dijaga. Jika habis bepergian-keluar rumah dengan motor. Maka usahakan tutup wajah dengan masker atau saputangan, menghindari debu atau polutan menempel di wajah. Jika tidak berpelindung wajah, maka bersihkan wajah sehabis bepergian. Cuci tangan sebelum menyentuh atau membersihkan wajah. Ini pencegahan agar tidak terjadi kontaminasi baru dari tangan kotor.

 

Jerawat tidak bisa hilang karena tidak bisa memutus mata rantai kontaminasi. Terutama dari kebersihan tangan sendiri. Maka cuci tangan sangatlah penting.

 

Banyak cara dalam mengobati jerawat, termasuk menghindari makanan penyebabnya, menjaga pola tidur, dan menghindari stres. OR juga bermanfaat dalam membantu meredakan jerawat. (Sugeng Wahyudi; http://www.infotipso.com/2012/08/kenapa-jerawat-tidak-boleh-dipencet.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close