Kesehatan

Berumur panjang hingga 100

Baru-baru ini, seorang ahli jantung dari Kanada, Dr Clyde Yancy mengatakan ada beberapa cara mudah meningkatkan harapan hidup manusia. Cara tersebut diklaim dapat mengurangi risiko penyakit mematikan, sehingga seseorang bisa hidup lebih lama dan berkualitas.

Tujuh perubahan kecil yang membuat Anda hidup hingga 100 tahun. (dilansir Telegraph) :

1. Olahraga
Jarang melakukan olahraga atau aktivitas fisik lain dapat mengurangi harapan hidup hingga 4 tahun. Orang yang lebih memilih bermalasan 2 kali lebih berisiko terkena masalah jantung dan stroke.

Selain baik untuk jantung, OR dapat mencegah obesitas dan komplikasi diabetes. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa OR teratur mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

2. Mengukur dan mengendalikan kolesterol
Kolesterol tinggi dapat menyebabkan pembentukan plak atau kerak dinding arteri atau vena. Plak yang terbentuk akhirnya bisa menghambat aliran darah, sehingga menyebabkan serangan jantung atau stroke, bila terjadi di sekitar otak.

3. Jalani diet sehat
Diet bukan berarti Anda harus membatasi asupan makanan setiap hari, melainkan mengatur pilihan makan harian. Makanan sehat akan memperpanjang usia Anda, seperti sayuran dan buah segar, karena kaya vitamin dan serat yang dibutuhkan tubuh.

4. Ukur dan kontrol tekanan darah
Tensi kadang tidak menimbulkan gejala, sehingga silent killer karena bisa meningkatkan risiko stroke hingga 40% dan serangan jantung 25%. Selain itu, hipertensi yang tidak diobati dapat memicu kerusakan otak dan mempercepat pikun. Tekanan darah normal (dewasa) antara 120/80 mmHg.

Kurang dari angka tersebut digolongkan sebagai tekanan darah rendah atau hipotensi, sedangkan jika lebih tinggi disebut hipertensi atau tekanan darah tinggi.

5. Menjaga berat badan
Berat badan ideal untuk tiap orang berbeda, tergantung tinggi badan mereka. Dikatakan berat badan ideal, jika menghasilkan Indeks Massa Tubuh (BMI) 18,5-22,9 kg/m2. Bisa dihitung dengan rumus berikut: BMI = berat badan (kg): tinggi badan kuadrat (m2).

Dikatakan kelebihan berat badan (obesitas), jika BMInya  23-29 kg/m2 dan telah termasuk obesitas jika memiliki BMI di atas 30 kg/m2. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat mengurangi harapan hidup hingga 4 tahun.

6. Hindari atau mengontrol diabetes
Diabetes adalah gangguan metabolisme karbohidrat yang membuat tubuh tidak mampu mengontrol kadar gula darah. Dalam jangka panjang, gangguan ini meningkatkan risiko serangan jantung, memicu komplikasi pada mata dan pada pria dapat menyebabkan impotensi.

Kadar gula dianggap normal, jika skor Anda 70-99 mg/dL, dengan catatan diukur saat puasa (tidak makan 8 jam). Kadar glukosa yang diukur 2 jam setelah makan dikatakan normal, jika berkisar antara 70-145 mg/dL, sedangkan jika Anda mengabaikan jadwal makan di atas, Anda harus memiliki skor normal 70-125 mg/dL.

7. Hindari rokok
Merokok diklaim memicu 90% kematian pada pasien dengan kanker paru-paru, 80% kematian pada bronkitis dan emphysema, dan 17% dari kematian akibat serangan jantung. Orang yang berhenti merokok, dalam sekejap akan memiliki penurunan risiko serangan jantung dan stroke. (Suhirto M; sumber: Pengetahuan Umum.com)

Yang utama bagi kita adalah bukan bagaimana mengejar agar bisa hidup seribu tahun lagi, Namun pertanyaan penting, apakah kita masih bisa bermanfaat disisa usia ini dan bukan menjadi beban-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close