Kesehatan

Kematian Karena Kanker Meningkat

(bekaci.suara.com)- Kasus kematian akibat Kanker paru-paru meningkat pada 2020. Hal tersebut disampaikan Kepala Subdirektorat Penyakit Kanker dan Kelainan Darah Kemenkes Aldrin Neilwan. Dia katakan, kasus kematian akibat Kanker paru-paru meningkat hingga 18%.

 

“Kasus kematian pasien kanker paru-paru meningkat 18% pada 2020,” ujar Aldrin dilansir Antara, Kamis (25/2/2021). Berdasarkan data Global cancer statistics (Globocan) 2020, kematian karena kanker paru-paru di Indonesia meningkat menjadi 30.843 orang dengan kasus baru mencapai 34.783 kasus.

 

Dia menjelaskan, kanker paru-paru itu penyakit mematikan setelah kanker payudara dengan prevalensi mencapai 11,4%. “Oleh sebab itu upaya terpenting yang harus dilakukan bukani mengobati namun upaya preventif atau pencegahan yang menjadi prioritas,” ujarnya.

 

Pencegahan dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Melakukan skrining atau tes terutama bagi yang memiliki faktor risiko tinggi. “Ini perlu dilakukan karena 80% pasien yang datang memeriksakan diri sudah mengidap kanker stadium lanjut, sehingga pengobatan jadi makin sulit dan makin mahal,” ujarnya.

 

Pada kesempatan sama Ketua Pokja Kanker Paru PDPI Prof. dr. Elisna Syahruddin, PhD, Sp.PK,Onk mengatakan, kanker paru dapat dicegah dengan perilaku “CERDIK”. “CERDIK” adalah abreviasi dari Cek kesehatan rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stress

.

“Semua penting, tapi pada saat ini poin terakhir yaitu kelola stres sering diabaikan. Manusia pasti punya stres, tapi kalau tidak dikelola dengan baik maka bisa membuat sistem imun turun. Jangankan kanker, COVID-19 juga bisa masuk dengan mudah kalau begitu,” paparnya.(Antara)

 

(Antonio Juao Silvester Bano;  Bahan dari  : https://bekaci.suara.com/amp/read/2021/02/25/221605/kematian-akibat-kanker-paru-meningkat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close