Kesehatan

TB bisa disembuhkan dengan patuh minum obat

JAKARTA, KOMPAS.com-Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular langsung yang menyebabkan kematian tertinggi. Kemenkes menyebutkan, 67 ribu orang meninggal per tahun karena TB. Padahal, penyakit TB bisa disembuhkan.

“Sulitnya kita meyakinkan masyarakat, penyakit ini dapat disembuhkan. Kita selalu katakan, TB itu bisa disembuhkan, tapi perlu kesabaran. Selama 6 bulan patuh minum obat, bisa sembuh total,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, HM Subuh dalam jumpa pers di Gedung Kemenkes RI (23/3/16).

Setiap tahun, 300 ribu pasien TB menjalani pengobatan. Namun, 10% pasien tidak menyelesaikan pengobatan. Menurut Subuh, banyak pasien yang tidak patuh minum obat karena bosan atau merasa kondisinya sudah lebih baik sebelum 6 bulan. Ada pula masalah putus obat karena pasien pindah tempat tinggal. Untuk benar2 bebas dari kuman TB, minum obat harus tuntas minimal 6 bulan.

Dampaknya tak hanya pasien, tapi orang2 di sekitarnya. Jika TB terus menular, upaya penurunan jumlah kasus TB gagal. “TB aktif bisa menginfeksi 10-15 orang,” kata Subuh. Jika tidak patuh minum obat, TB bisa berkembang jadi TB resisten hingga multi-drug resistant (MDR)-TB.

Jika pasien MDR-TB juga tidak patuh minum obat, penyakit bisa berkembang menjadi extensively drug-Resistant (XDR) TB. MDR-TB maupun XDR-TB membutuhkan biaya lebih besar dan lama. Saat TB tahap awal atau TB reguler, biayanya sekitar Rp 1,2 juta untuk 6 bulan.

Namun, jika sudah terkena MDR-TB, biayanya bisa lebih dari Rp 100 juta. Tingkat kesembuhannya pun lebih rendah dibanding TB reguler. (Dian Maharani; Bestari Kumala Dewi; http://health.kompas.com/read/2016/03/24/091500423/Patuh.Minum.Obat.Tuberkulosis.Bisa.Disembuhkan.)-FatchurR
——–

Sajian lainnya :
1. Untuk usia diatas 50
2. Buat yang jelang usia senja
———-

Untuk usia diatas 50
Saran dari dokter Handrawan Nadesul bagi yg berusia kepala 5
Harga lutut anda rp 200 juta, maka pelihara & jagalah. Banyak yg tidak tahu, karena tidak ada yg memberi tahu, kalau sudah usia kepala 5, sebaiknya tidak pilih jogging, berlari, apalagi lompat. Pengetahuan yg sesungguhnya murah ini, jadi mahal, bisa sangat mahal, bila masyarakat tidak tahu, karena sendi lutut telanjur rusak.

Oleh karena ongkos mengganti satu lutut yg telanjur rusak akibat tidak tahu itu, harganya Rp 200 juta.
Jangan sampai salah memperlakukan sendi lutut, akibat masih tetap jogging, berlari, main tennis, badminton, volley, & aktivitas fisik lain yg membebani sendi lutut. Itu yg saya maksudkan dgn pengetahuan sehat itu murah..,

Contoh lain yg tidak boleh dilakukan di usia kepala 5, tidak menginjak kerikil tanpa alas kaki sehingga persarafan telapak kaki menderita radang akibat tertekan kerasnya kerikil yg sangat keras selama memikul bobot tubuh. Alasan bahwa itu sebagai refleksologi, tidak bisa diterima akal sehat.

Karena kalau itu suatu refleksologi, tekanan yg diterima telapak kaki hanya dilakukan oleh jempol tangan saja yg tekanannya paling kuat hanya sekitar 5 kg. Namun apabila berdiri di atas kerikil, tekanannya adalah seberat bobot tubuh.

Karena tidak ada yg memberi tahu, & hanya karena mendengar katanya menginjak kerikil tanpa alas kaki bisa menyehatkan, maka yg semula maunya supaya sehat, malah jadi korban kerusakan saraf telapak kaki. Akibat buruk menginjak kerikil bisa mengakibatkan terjadinya fascitis/plantaris.

Murahnya pengetahuan yg memberi informasi tidak menginjak kerikil tanpa alas itu menjadi mahal kalau kita tidak tahu. (Salam sehat, Surjadi MK dari grup WA-72; sumber dari Dr HANDRAWAN NADESUL; https://www.facebook.com/handrawan.nadesul/posts/869079039874412)-FR
———-

Buat yang jelang usia senja
8 Jurus “Hwe Shio Shao Lin Pai ” (Pat Jiu Shao Lin)
Dapat membuat sehat & hati tenteram bila dipraktikkan setiap hari. Terutama buat kita yang sudah sepuh silahkan mencoba. Pagi² setelah bangun tidur lakukan senam 8 menit di kamar. Ini berguna memperkuat berbagai organ tubuh dan mencegah penyakit pembuluh darah otak & jantung:

1. Di tempat tidur, bolak balik badan 1 menit. Miring kanan kiri dengan per-lahan² guna melenturkan otot pinggang dan otot tulang belakang.
2. Pijat daun telinga selama 1 menit, sampai terasa panas. Daun telinga mempunyai banyak acupoint yang mempengaruhi seluruh tubuh. Hal ini dapat melancarkan “qi meridian”. Khusus terhadap gejala telinga mendenging, mata kunang² dan mudah lupa mempunyai khasiat yang baik.

3. Putar bola mata selama 1 menit, searah jarum jam dan sebaliknya. Ini dapat melatih otot mata dan membuat mata menjadi terang.

4. Lain² dimuka.
Pijat hidung selama 1 menit. Gatuk²kan gigi selama 1 menit yang dapat menyehatkan gigi. Khususnya akar gigi. Putar² lidah selama 1 menit akan membuat lidah tidak kaku dan melatih kepekaannya.

5. Usap pusar selama 1 menit. Usap melingkar pusar dengan kedua telapak tangan bergantian, lingkaran agak lebar sampai ±4 jari di atas dan di bawahnya. Akan berakibat positif bagi pencernaan & organ dalam (lweekang/chikung).

6. Kempiskan perut dan tahan dubur 1 menit. Dengan berulang kali mengempiskan perut dan mengangkat / menahan dubur, disamping dapat memperbaiki fungsi seksual/kegel sexercize juga mencegah wasir dan besèr kencing.

7. Duduk lalu sisir/garuk kepala dengan jari tangan selama 1 menit, mulai dari kening / jidat ke belakang sampai batas rambut belakang. Lakukan merata seluruh kepala. Ini dapat melancarkan peredaran darah di kepala, menambah volume darah di otak, dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah otak dan dapat mencegah stroke.

8. Pijat telapak kaki 1 menit. Gunakan tumit untuk memijat telapak kaki bergantian, membuat telapak terasa hangat, dapat menguatkan limpa. (Munadi; dari grup WA-72)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close