Kesehatan

Mengatasi Kantuk Saat Menyetir

(akuinginsehatdankuat.blogspot.com)-Anda mungkin dengar bahaya menyetir mobil / mengendarai motor di bawah pengaruh alkohol. Berkendara saat mabuk bisa mengantar Anda ke sel tahanan. Tapi,  ada satu lagi yang tak kalah berbahaya, yaitu nyetir saat mengantuk.

 

Ini sering dialami orang2. Kasus2 ekstrem, rasa ngantuk saat nyetir mobil/mengendarai motor bisa menyebabkan kecelakaan yang berujung kematian. Anda bisa menghindari hal itu pada Anda atau orang tercinta karena kelelahan atau mengantuk saat berkendara. Berikut tips melawan ngantuk saat nyetir.

 

Tanda2 Anda tak sanggup menyetir kendaraan

Meski Anda tahu berbahaya menahan kantuk, kadang Anda pikir rasa kantuk itu bisa ditahan. Rasa kantuk juga bisa muncul tiba2 saat Anda mengemudi. Atau Anda buru2 dan memutuskan tetap menyetir walau setengah sadar.

 

Sulit membedakan kantuk dan lelah yang bisa Anda lawan dan mana yang benar2 tak tertahankan. Biasanya Anda baru tahu bedanya kalau kehilangan kesadaran dan tertidur di balik kemudi beberapa detik. Maka, perhatikan tanda Anda tak bisa melanjutkan menyetir dan berkendara lagi di bawah ini.

 

*Kelopak mata sangat berat sehingga Anda sering mengedipkan mata perlahan

*Sulit berkonsentrasi

*Bengong, pikiran melayang ke mana2 / pikiran kosong

*Kebablasan, salah jalan, lupa sedang di mana, dan tidak memerhatikan rambu2 jalan

*Menguap ber-kali2 atau meng-gosok2 mata

*Kepala terkantuk-kantuk

*Kendaraan menyimpang dari jalur, menyerempet bahu jalan atau kendaraan lain, menyetir berkecepatan tak wajar (lebih cepat/lambat), dan kehilangan keseimbangan (jika mengendarai motor)

 

Melawan Kantuk Saat Menyetir

Kalau Anda mengalami satu atau beberapa tanda itu, berarti Anda berada di luar batas kemampuan untuk menyetir mobil/motor. Mungkin hal pertama Anda lakukan mengusir kantuk adalah menyetel radio atau musik keras2. Tetapi, cara kuno ini tidak ampuh melawan kantuk saat menyetir. Ini tips-nya. .

 

1-Minum Kopi

Jika mata dan tubuh benar2 lelah, Anda butuh kafein membantu menjaga kesadaran. Sumber kafein terbesar itu kopi. Namun, kopi butuh waktu setengah jam sebelum efeknya terasa. Selain itu, secangkir kopi mungkin tidak cukup bagi orang yang se-hari2nya sering mengonsumsi kopi.

 

2-Menepi dan tidur sejenak (Pengendara Mobil)

Apabila efek kopi belum terasa, cara terbaik melawan kantuk itu  dengan tidur sejenak. Menepi dan tidurlah kira-kira 15 menit. Lebih baik menghabiskan waktu 15-20 menit untuk tidur sejenak daripada memaksakan tetap menyetir dengan risiko yang besar.

 

3-Menepi dan lakukan peregangan (Pengendara Motor)

Rasa kantuk tak tertahankan muncul saat Anda mengendarai motor di jalanan lengang dalam cuaca yang bersahabat. Maka, segera menepi sesaat dan turun dari motor. Lakukan peregangan otot dan ber-jalan2 lah kira2   10 menit. Bergerak secara aktif bisa membantu pikiran tetap terjaga.

 

4-Jangan Minum Obat dan alcohol sebelum menyetir

Minum obat2an dan alkohol bisa memengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan. Hindari minum obat anti mabuk, obat anti masuk angin, dsb dengan efek samping mengantuk sebelum atau saat berkendara.  Anda akan mengantuk. Kalau Anda harus minum obat2 yang diresepkan dokter, sebaiknya jangan menyetir mobil atau mengendarai motor sama sekali.

 

5-Beristirahat setiap 2 Jam

Serangan kantuk saat menyetir (perjalanan panjang) itu wajar. Sebaiknya Anda istirahat tiap 2 jam untuk peregangan otot atau tidur sejenak. Kalau dipaksa menyetir terus tanpa jeda, tubuh dan mata Anda justru jadi cepat lelah dan berat. Meski Anda tidak mengantuk atau letih, usahakan beristirahat setiap beberapa jam sekali.

 

6-Minta ditemani saat mengemudi

Kalau Anda kurang tidur, kurang istirahat, atau kelelahan, hindari mengemudi seorang diri. Apalagi jika jarak jauh. Ajaklah teman atau anggota keluarga yang bisa menemani sepanjang jalan. Jadi Anda bisa mengobrol bersamanya jika Anda mulai mengantuk. Dia juga bisa jadi ‘polisi’ kalau Anda kehilangan kewaspadaan, terkantuk-kantuk, atau hampir tertidur.

 

Akan lebih baik lagi jika orang yang menemani Anda bersedia untuk bergantian mengemudi. (Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/mengusir-ngantuk-saat-nyetir/ dan https://akuinginsehatdankuat.blogspot.com/2018/03/wajib-baca-pertolongan-pertama-saat_44.html)-FatchurR *

(akuinginsehatdankuat.blogspot.com)-Anda mungkin dengar bahaya menyetir mobil / mengendarai motor di bawah pengaruh alkohol. Berkendara saat mabuk bisa mengantar Anda ke sel tahanan. Tapi,  ada satu lagi yang tak kalah berbahaya, yaitu nyetir saat mengantuk.

 

Ini sering dialami orang2. Kasus2 ekstrem, rasa ngantuk saat nyetir mobil/mengendarai motor bisa menyebabkan kecelakaan yang berujung kematian. Anda bisa menghindari hal itu pada Anda atau orang tercinta karena kelelahan atau mengantuk saat berkendara. Berikut tips melawan ngantuk saat nyetir.

 

Tanda2 Anda tak sanggup menyetir kendaraan

Meski Anda tahu berbahaya menahan kantuk, kadang Anda pikir rasa kantuk itu bisa ditahan. Rasa kantuk juga bisa muncul tiba2 saat Anda mengemudi. Atau Anda buru2 dan memutuskan tetap menyetir walau setengah sadar.

 

Sulit membedakan kantuk dan lelah yang bisa Anda lawan dan mana yang benar2 tak tertahankan. Biasanya Anda baru tahu bedanya kalau kehilangan kesadaran dan tertidur di balik kemudi beberapa detik. Maka, perhatikan tanda Anda tak bisa melanjutkan menyetir dan berkendara lagi di bawah ini.

 

*Kelopak mata sangat berat sehingga Anda sering mengedipkan mata perlahan

*Sulit berkonsentrasi

*Bengong, pikiran melayang ke mana2 / pikiran kosong

*Kebablasan, salah jalan, lupa sedang di mana, dan tidak memerhatikan rambu2 jalan

*Menguap ber-kali2 atau meng-gosok2 mata

*Kepala terkantuk-kantuk

*Kendaraan menyimpang dari jalur, menyerempet bahu jalan atau kendaraan lain, menyetir berkecepatan tak wajar (lebih cepat/lambat), dan kehilangan keseimbangan (jika mengendarai motor)

 

Melawan Kantuk Saat Menyetir

Kalau Anda mengalami satu atau beberapa tanda itu, berarti Anda berada di luar batas kemampuan untuk menyetir mobil/motor. Mungkin hal pertama Anda lakukan mengusir kantuk adalah menyetel radio atau musik keras2. Tetapi, cara kuno ini tidak ampuh melawan kantuk saat menyetir. Ini tips-nya. .

 

1-Minum Kopi

Jika mata dan tubuh benar2 lelah, Anda butuh kafein membantu menjaga kesadaran. Sumber kafein terbesar itu kopi. Namun, kopi butuh waktu setengah jam sebelum efeknya terasa. Selain itu, secangkir kopi mungkin tidak cukup bagi orang yang se-hari2nya sering mengonsumsi kopi.

 

2-Menepi dan tidur sejenak (Pengendara Mobil)

Apabila efek kopi belum terasa, cara terbaik melawan kantuk itu  dengan tidur sejenak. Menepi dan tidurlah kira-kira 15 menit. Lebih baik menghabiskan waktu 15-20 menit untuk tidur sejenak daripada memaksakan tetap menyetir dengan risiko yang besar.

 

3-Menepi dan lakukan peregangan (Pengendara Motor)

Rasa kantuk tak tertahankan muncul saat Anda mengendarai motor di jalanan lengang dalam cuaca yang bersahabat. Maka, segera menepi sesaat dan turun dari motor. Lakukan peregangan otot dan ber-jalan2 lah kira2   10 menit. Bergerak secara aktif bisa membantu pikiran tetap terjaga.

 

4-Jangan Minum Obat dan alcohol sebelum menyetir

Minum obat2an dan alkohol bisa memengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan. Hindari minum obat anti mabuk, obat anti masuk angin, dsb dengan efek samping mengantuk sebelum atau saat berkendara.  Anda akan mengantuk. Kalau Anda harus minum obat2 yang diresepkan dokter, sebaiknya jangan menyetir mobil atau mengendarai motor sama sekali.

 

5-Beristirahat setiap 2 Jam

Serangan kantuk saat menyetir (perjalanan panjang) itu wajar. Sebaiknya Anda istirahat tiap 2 jam untuk peregangan otot atau tidur sejenak. Kalau dipaksa menyetir terus tanpa jeda, tubuh dan mata Anda justru jadi cepat lelah dan berat. Meski Anda tidak mengantuk atau letih, usahakan beristirahat setiap beberapa jam sekali.

 

6-Minta ditemani saat mengemudi

Kalau Anda kurang tidur, kurang istirahat, atau kelelahan, hindari mengemudi seorang diri. Apalagi jika jarak jauh. Ajaklah teman atau anggota keluarga yang bisa menemani sepanjang jalan. Jadi Anda bisa mengobrol bersamanya jika Anda mulai mengantuk. Dia juga bisa jadi ‘polisi’ kalau Anda kehilangan kewaspadaan, terkantuk-kantuk, atau hampir tertidur.

 

Akan lebih baik lagi jika orang yang menemani Anda bersedia untuk bergantian mengemudi. (Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/mengusir-ngantuk-saat-nyetir/ dan https://akuinginsehatdankuat.blogspot.com/2018/03/wajib-baca-pertolongan-pertama-saat_44.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close