Kesehatan

Makanan pemicu Darah Tinggi(1/2)

(hellosehat.com)-Garam itu hal utama yang meningkatkan tekanan darah. Karena itu, orang hipertensi disarankan batasi asupan garamnya. Tidak hanya garam biasa atau garam meja yang biasa ditambahkan dalam masakan, tetapi juga makanan yang mengandung garam atau natrium dalam bentuk lain.

 

American Heart Association dan U.S. Dietary Guidelines merekomendasikan agar Anda batasi asupan natrium 2300 mg per hari dan untuk yang menderita tekanan darah tinggi dibatasi 1500 mg natrium per hari. Selain garam, makanan berikut ini sebaiknya dihindari karena memicu darah tinggi, terutama jika Anda penderita hipertensi.

 

1-Makanan Kalengan dan Olahan

Makanan olahan dan makanan kalengan mengandung garam berjumlah tinggi. Garam, mengandung natrium ini digunakan pada makanan olahan atau kalengan sebagai pengawet sehingga daya simpan makanan lebih lama. Tapi terlalu banyak asupan garam ditubuh menyebabkan tensi Anda meningkat.

 

Oleh karena itu, penderita hipertensi disarankan batasi atau hindari konsumsi makanan olahan dan makanan kalengan. Konsumsilah makanan segar yang lebih sehat. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan olahan, makanan kemasan, atau kalengan, sebaiknya perhatikan berapa kandungan garam atau natrium di dalamnya, sehingga Anda dapat mengontrol asupan garam Anda.

 

2-Acar Mentimun

Pernah coba pickle atau acar mentimun? Kandungan garam atau natrium dalam pickle sangat tinggi. Mentimun dibiarkan dalam air garam, sehingga garam terserap ke dalamnya. Semakin lama mentimun atau sayuran lain di air garam, semakin banyak pula garam yang diserap.

 

3-Fast Food

Makanan fast food seperti pizza, ayam goreng, hamburger, kentang goreng, dsb, sangat tinggi garam atau natrium. Garam ini membuat rasa makanan fast food enak. Belum kandungan lemak yang tinggi dalam makanan fast food membuat makanan ini sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi.

 

4-Makanan yang mengandung Tomat

Produk seperti pasta tomat, saus tomat, makanan kalengan dengan bumbu tomat, atau produk yang mengandung tomat juga mengandung natrium yang tinggi. Makanan siap saji ini memudahkan Anda dalam penyajian dan rasa yang enak, namun di balik itu terkandung bahaya bagi kesehatan.

 

Jika Anda mempunyai tekanan darah tinggi, sebaiknya batasi konsumsi produk ini. (Arinda Veratamala; Bahan dariĀ  : https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makanan-yang-memicu-darah-tinggi/)-FatchurR *** Bersambungā€¦..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close