Kesehatan

Mengapa Tubuh Lebih Dingin Saat Bangun Tidur

(health.detik.com)- Belakangan, suhu lebih dingin di pagi hari. Terlepas dari factor cuaca, tubuh punya mekanisme menurunkan suhu jadi lebih dingin saat baru bangun tidur. Kenapa bisa begitu ya?

 

Dikutip dari Terrycralle, penyebab tubuh terasa dingin di pagi hari itu suhu tubuh yang secara alamiah turun saat tidur. Hal ini berfungsi membantu tidur lebih nyenyak. Selama tidur, suhu tubuh terus turun sampai beberapa jam sebelum bangun.

 

Ketika bangun tidur, suhu tubuh naik dengan sendirinya, tapi kenaikan suhu di pagi hari biasanya tidak terjadi cepat. Sehingga tidak dapat menghangatkan tubuh Anda dan mengakibatkan saat bangun tidur tubuh Anda terasa sangat dingin.

 

Proses pengaturan suhu ini bekerja sesuai ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah sekelompok sistem internal yang kompleks dalam mengatur siklus tidur dan bangun. Kehilangan ritme sirkadian dapat secara signifikan mengganggu kualitas tidur.

 

Pengaruh utama ritme sirkadian adalah jumlah paparan cahaya biru. Sekitar malam hari, jumlah cahaya yang di terima turun dibanding pagi dan siang. Akibatnya, ritme sirkadian memicu serangkaian proses yang membuat mengantuk, termasuk pelepasan hormon tidur, dan penurunan suhu tubuh secara progresif yang dapat membuat tubuh terasa dingin di malam hari dan terutama ketika bangun tidur.

 

(up/up; Defara Millenia Romadhona;  Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5113441/mengapa-tubuh-terasa-lebih-dingin-saat-bangun-tidur)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close