Kesehatan

Madu-roti dan pisang tidak disimpan di lemari pendingin

Buah dan sayur umumnya disimpan di kulkas. Tapi, tak semua bahan makanan cocok di kulkas. Dilansir dari mirror.co.uk (18/9/16), inilah makanan yang tak dianjurkan disimpan di Lemari pendingin.
1-Roti
Roti kering dan cepat basi di kulkas. Simpanlah di tempat kering-sejuk. Masukkan di kantung kertas dan taruh di lemari makan. Atau bungkus plastik tipis agar permukaan roti tak kering.
2-Melon
Melon boleh disimpan di kulkas setelah dikupas dan bungkus plastik agar tak kering permukaannya.
3-Pisang
Pisang hijau, belum matang, tak akan matang di kulkas. Akan lembek-hitam karena enzim memecah nutriennya. Sebab pisang, selnya tak punya pertahanan alami pada dingin. Biarkan di suhu ruangan sampai matang, kuning, baru bisa disimpan di kulkas.
4-Tomat
Buku Harold Mcgee, ‘On food and cooking’, bahwa di kulkas merusak membran buah. Ini mengubah rasa dan teksturnya.  Simpan di suhu ruang hingga merah rata, bungkus plastic/kertas dan simpan di kulkas.
5-Kentang
Menurut Foods standards agency,  kentang paling dilarang di kulkas karena berbahaya. Saat disimpan di kulkas, pati kentang diubah jadi gula. Saat dipanggang dan digoreng, gula ini bergabung asam amino aspargin dan memproduksi kimia acrylamide yang bersifat karsinogenik.
6-Kue
Kue baik disimpan di wadah kedap udara beberapa hari. Jika ada krim segar di kue jangan taruh di kulkas, simpanlah dikemasan bertutup. Kue lebih lembut dan enak jika tidak dingin.
7-Kopi
Biji kopi dan bubuknya menyerap bau sekitar. Jadi simpan kopi di wadah kedap udara di lemari makan.
8-Madu
Di temperatur rendah, madu jadi kristal. Madu manis leleh jadi kristal manis kasar.
9-Bawang merah-putih
Bawang baik disimpan di area kering berventilasi. Jika di kulkas baunya mengubah rasa makanan lain.
10-Alpukat
Suhu dingin menghalangi proses pematangan alpukat. Peram alpukat di wadah kertas suhu ruangan agar lebih cepat matang. (odi/adr; annisa trimirasti);

 

Selengkapnya klik  : https://food.detik.com/read/2016/09/21/171531/3303414/297/roti-pisang-dan-madu-sebaiknya-tidak-disimpan-di-kulkas)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close