Kesehatan

Irisan lemon dipinggiran gelas

KOMPAS.comDaripada sekedar hiasan, lebih baik bila irisan lemon di pinggiran gelas diperas ke dalam minuman yang dihidangkan. Beberapa jenis penyakit dapat diobati dari kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam air perasan lemon. Lemon juga berefek antiseptik untuk membersihkan organ tubuh dari berbagai mikroba dan radikal bebas.

Perlu diingat, air lemon yang melewati proses pengemasan / pasteurisasi tidak banyak membantu. Bila ingin berkhasiat maksimal, pastikan air lemon adalah hasil perasan dari buah lemon segar. Hindari air lemon kemasan yang sekedar bercita rasa lemon, karena Anda tak mendapat manfaat.

 

Bersihkan tubuh
Jethro Kloss dalam buku “Back to Eden” menjelaskan detail manfaat perasan lemon. Air lemon mencegah sepsis atau penumpukan bakteri dalam tubuh. Air lemon berefek anti scourbutic yaitu kemampuan tubuh mencegah penyakit dan membersihkan kotoran dalam tubuh.

Dalam buku “You Are What You Eat,” Dr. Gillian McKeith menjelaskan, segelas air hangat dengan perasan lemon di pagi hari setelah bangun tidur membersihkan berbagai lendir tidak berguna dalam tubuh sehari sebelumnya. Sebaiknya, lakukan juga malam hari sebelum tidur.

 

Bantu kerja sistem pencernaan
Air lemon dapat meredakan berbagai gangguan akibat pencernaan semisal mulas, kembung, dan kram perut. Minum air lemon teratur akan membersihkan usus, dan mencegah sembelit dan diare. Satu sendok teh air lemon dalam setengah gelas air membantu meredakan rasa mulas.

Air yang digunakan sebaiknya tidak terlalu panas atau dingin. Menurut Ann Heustad dalam artikel, The Amazing Health Benefits of Drinking Lemon Water, perasan 3-4 lemon bisa menghilangkan rasa sakit dan mengurangi aliran darah berlebihan ketika menstruasi.

 

Merangsang kerja hati
Menurut Kloss, air lemon melarutkan asam urat dan racun lain dalam hati. Air lemon membantu meluruhkan batu empedu dan meringankan demam karena malaria. Tingginya kandungan kalium membantu penyembuhan biliousness, yaitu gejala gangguan hati yang menyebabkan sembelit, pusing, muntah, dan hilang nafsu makan.

Kloss juga mengatakan, orang dengan gangguan hati harus minum air hangat perasan lemon satu jam sebelum sarapan tiap pagi. Manfaat air perasan lemon ini bisa dirasakan, bila lemon berada dalam kondisi segar. Lemon yang sudah diawetkan tidak akan memberi efek yang sama.  (Sumber : livestrong; Editor : Asep Candra)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close