Kesehatan

20 Persen Jemaah Haji Indonesia Kondisinya Kaki Datar

(lifestyle.bisnis.com)-JAKARTA; Sebanyak 20 %jemaah haji di Indonesia mengalami kelainan pada kondisi kaki yang dinamakan kaki datar atau leper (pes planus). Itu disampaikan Spesialis Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Syarief Hasan Lutfi.

 

Dia berdasar penelitiannya yang dilakukan pada 9 kloter jemaah haji, masing2 kloter berkisar antara 500-600 orang. Kondisi kaki datar ini memengaruhi kemampuan kaki untuk berjalan di mana saat melakukan gerakan mengungkit (toe off), kaki bakal menggeser berat badan ke jempol kakinya.

 

Hal itu menimbulkan kontraksi otot2 tungkai yang memengaruhi seseorang lebih cepat mengalami lelah otot atau fatigue. Dia melanjutkan, fatigue muscle diakibatkan oleh gesekan dan gerakan yang berlebih.

 

“Ini juga jadinya salah satu alasan kita sering dengar jemaah haji yang mengalami cedera atau sakit, karena dituntut untuk terus bergerak dan beraktivitas. Kaki itu bagian utama untuk tawaf, sa’i, dan lain-lain yang jadi bagian ibadah,” katanya di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

 

Syarief menekankan agar tak menganggap sepele persoalan kaki karena hal tersebut bisa berpengaruh pada bagian tubuh lain yang pada akhirnya akan menurunkan produktivitas dalam kegiatan sehari-hari.

 

“Lelah yang bercampur pegal, tekanan batin, panas suhu, dan lain-lain itu semua jadi satu manifestasi klinis sehingga timbul jantung rematik. Trigger-nya lelah tadi,” imbunya.

 

Dokter yang juga sebagai Dirut PT RS Haji Jakarta ini menuturkan beberapa penyebab terjadinya kondisi kaki datar. Pertama, penyebab kongenital atau kelain bawaan dengan tidak sempurnanya pertumbuhan embriologi.

 

Kedua, penyebab fisiologi yang disebabkan perilaku berjalan salah sejak usia dini menyebabkan kaki jadi tidak simetris. Ketiga, karena penggunaan sepatu yang salah. Hal ini bisa terjadi hingga orang dewasa.

 

“Kalau penggunaan sepatu terus-menerus yang salah dalam waktu yang lama, misalnya sering pakai yang hak tinggi atau yang depannya sempit, lama-lama didorong juga akibat gravitasi itu akan terus menekan dan menyebabkan pen planus,” katanya.

 

(Syaiful Millah; Bahan dari : https://lifestyle.bisnis.com/read/20190814/106/1136537/20-persen-jemaah-haji-indonesia-alami-kondisi-kaki-datar-ini-penyebabnya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close