Kesehatan

Cegah sakit dengan perbanyak aktivitas

JAKARTA, KOMPAS.com-Banyak orang kurang bergerak aktif dalam kehidupannya. Semua kini serba ada dan mudah. Ada lift, jadi orang2 tak perlu naik tangga. Ada situs jual beli online, jadi cukup duduk manis untuk beli sesuatu. Itu hanya beberapa contoh pola hidup tidak aktif yang terjadi di sekitar kita.

Berkurangnya aktivitas fisik dan padatnya kesibukan bekerja membuat orang semakin tak sempat berolahraga. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2013, 42% penduduk Indonesia kelompok usia di atas 10 tahun tergolong kurang aktivitas fisik. Di DKI Jakarta, lebih dari 44% warga kurang aktivitas fisik.
Akibatnya, muncul penyakit tidak menular karena tak pernah olahraga. Ditambah lagi, pola makan yang juga tidak sehat. Menurut Global Health Risk: Mortality and Burden Deases Attributable to Selected Major Risk dari World Health Organization (WHO), kurang latihan fisik termasuk dalam peringkat keempat penyebab kematian.
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andi Kurniawan mengungkapkan, kurangnya aktivitas fisik terbukti memengaruhi risiko penyakit tidak menular seperti obesitas, hipertensi, hingga gangguan jantung.

“Kalau warga Indonesia lebih aktif, beban kesehatan bisa berkurang. Olahraga bisa jadi pencegahan penyakit,” ujar Andi di Jakarta, Minggu (14/6/2015).

Menurut Andi, aktif bergerak harus dibiasakan mulai dari anak-anak. Bagi pekerja kantoran, bisa dimulai dengan aktivitas sehari-hari, seperti mulailah naik tangga hingga ke satu atau dua lantai.

Sempatkanlah melakukan olahraga. Dalam satu minggu, olahraga dapat dilakukan 3 kali dengan durasi masing-masing minimal 30 menit saja.

“Aktivitas fisik minimal 150 menit per minggu. Harus aktif bergerak semenjak remaja,” imbuhnya. (Dian Maharani; Bestari Kumala Dewi; http://health.kompas.com/read/2015/06/15/090500323/Cegah.Penyakit.dengan.Perbanyak.Aktivitas.Fisik)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close