Aku cinta Indonesia

KKP luncurkan 4 Inovasi Teknologi

JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) tanggal 10 Agustus, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) meluncurkan produk-produk inovasi teknologi.

“Antara lain E-Log Book, E-Observer (E-Borang), Sistem Informasi Nelayan Pintar, dan Sistem Informasi Garam Rakyat (SiTEGAR),” ujar Kepala Balitbang KP Achmad Poernomo di Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Dia menjelaskan, E-Log Book merupakan aplikasi pengganti formulir log book konvensional sehingga penggunaannya lebih mudah, cepat dan akurat. E-Observer merupakan aplikasi observer perikanan untuk mengisi data penangkapan ikan secara elektronik sehingga memudahkan Ditjen Perikanan Tangkap dalam memperoleh data penangkapan ikan secara cepat dan akurat.

Lebih jauh dia mengemukakan, SiTEGAR merupakan hasil rancangan KKP dalam sebuah sistem yang dapat membantu nelayan dan petambak garam dalam melakukan usahanya. Selain itu, SiTEGAR aplikasi berbasis android dengan mengintegrasikan informasi harga ikan, PPDPI, cuaca dan dinamika laut (INDESO-Infrastructure Development of Space Oceanography).

“Ini juga merupakan sistem berbasis website yang menyajikan informasi produksi garam rakyat yang mampu menampung data garam seluruh Indonesia dan memberikan laporan serta rekapitulasi data kelompok Pugar (Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat) di seluruh Indonesia,” jelasnya. (rzy; Dhera Arizona Pratiwi; http://economy.okezone.com/read/2015/08/11/320/1194059/kkp-luncurkan-empat-produk-inovasi-teknologi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close