Kesehatan

Makan sayur dan buah

Sebuah penelitian baru dari University of Otago, Selandia Baru, telah menyarankan bahwa makan banyak buah dan sayuran dapat membuat kaum muda lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih energik dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

 

Seperti dikutip Zeenews, para peneliti dari Department of Psychology, termasuk Dr. Tamlin Conner dan Bonnie White, dan Dr. Caroline Horwath dari Department of Human Nutrition, meneliti hubungan antara mood (suasana hati) harian dan konsumsi makanan.

 

Sekitar 281 anak muda (rata-rata 20 tahun) diminta menulis buku harian makanan berbasis internet setiap hari selama 21 hari berturut-turut. Sebelumnya, mereka diperintahkan menyelesaikan kuesioner untuk memberikan rincian usia, jenis kelamin, etnis, berat badan, dan tinggi badan.

 

Selama 21 hari, para partisipan menulis buku harian setiap malam dan menilai bagaimana perasaan mereka. Secara khusus, peserta diminta untuk melaporkan jumlah porsi makan buah (tidak termasuk jus buah dan buah kering), sayuran (termasuk jus), dan beberapa kategori makanan tidak sehat seperti biskuit/cookies, keripik kentang, dan kue/muffin.

 

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan kuat antara suasana hati yang lebih positif dan lebih tinggi bila mereka mengonsumsi buah dan sayuran. Sayangnya, makanan lain tidak mampu memberikan hasil serupa.

 

“Pada hari-hari ketika mereka makan lebih banyak buah dan sayuran, mereka melaporkan suasana hati yang lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih energik daripada biasanya,” ujar Dr. Conner. “Setelah analisis lebih lanjut, kami berhasil membuktikan bahwa para anak muda dan remaja perlu mengonsumsi sekitar 7-8 porsi buah dan sayuran per hari untuk mengalami perubahan suasana hati yang positif. Satu porsi buah atau sayuran bisa disetarakan sama lebarnya dengan telapak tangan Anda atau setengah cangkir,” kata Dr. Conner. (http://id.she.yahoo.com/makan-sayur-buah-bikin-hidup-lebih-hidup-071112624.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close