Iptek dan Lingk. Hidup

Tablet Asus berlabel Google Nexus-7

Tablet pertama di kelas layar 7 inchi hadir dengan ‘sentuhan’ khusus dari Google. Diproduksi Asus, tablet berlabel Google Nexus 7 ini mengusung desain kompak, dari segi konsep menggunakan tema uni body, artinya keseluruhan elemen body diintegrasikan, termasuk baterai model internal ala iPad. Tablet ini berdimensi 198,5 x 120 x 10,5 mm dan 340 gram. Terbilang ergonomis dan bobotnya masih cukup nyaman dalam genggaman.

 

Tablet keturunan resmi Google ini minimalis, ambil contoh sisi depan, tidak dibekali touchpad dan tombol back, diatas layar hanya terdapat lensa kamera. Malahan disisi belakang (back cover) cuma  terdapat speaker. Pada back cover ini tercetak logo Nexus cukup besar, material pada back cover dibuat dari plastik yang kesat, sehingga mantap ketika digenggam.

 

Pada sisi kanan tablet (dilihat dari posisi portrait), hanya terdapat 4 pin konektor untuk keperluan docking dan sebuah lubang kecil mikrofon. Sedangkan pada sisi kiri, ada tombol on /off –  sekaligus tombo, pengunci layar dan tombol pengatur volume.

 

Menurut manual book, Google Nexus 7, sudah dibekali kemampuan NFC, letak NFC reader terdapat pada sisi atas. Bagian bawah terdapat microUSB port dan audio jack 3.5mm. Asus Goole Nexus 7 mengusung jenis layar IPS LCD capacitive dengan kedalaman 16 juta warna, resolusi 800×1280 pixels. Catatan: Tablet ini tidak dibekali dengan slot MicroSD dan slot SIM card.

 

Fitur

Sisi menarik tablet ini adalah bekal prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A9, menjadikan performa fitur dan aplikasinya tampil memuaskan dari segi kecepatan. Lepas dari itu, tablet ini menggunakan jenis OS Android terbaru, yakni Android versi 4.1.2 Jely Bean. Versi OS ini menawarkan tampilan antarmuka yang lebih apik ketimbangan ICS (Ice Cream Sandwich).

 

Dari segi fitur, tablet diuji ini adalah tablet murni, Google Nexus 7 tidak dibekali koneksi selular, artinya jalur internetan harus mengoptimalkan koneksi WiFi. Untuk bekal internetan, selain browser default sudah disertakan Google Chrome browser. Akselerasi dan tampilan saat browsing tablet ini lebih apik ketimbang tablet Android lain. Ini diperkuat adopsi chipset Nvidia Tegra 3 dan graphic processing unit jenis ULP GeForce.

 

Kemampuan imaging, Google Nexus 7 dibekali kamera depan untuk keperluan video call. Kamera dengan resolusi 1.3 Mpix (1280×960 pixels) ini kelengkapan menunya terbatas, hanya ada digital zoom, foto editor white balance, dan brightness. Untuk rekam video resolusi bisa dicapai hingga 720p, khusus pada menu rekam video ada tambahan kemampuan efek dan background, selain juga terdapat white balance, dan time lapse interval.

Bicara soal musik, hadirnya fitur Google Play, tampilan pemutar musik jadi sangat memikat, selain ada shuffle, playlist, repeat, dan equalizer, ada kemampuan bass booster. Dari pengujian, kualitas speaker yang dihasilkan terbilang biasa. Catatan: Google Nexus 7 tidak dibekali fitur FM radio.

 

Kinerja

Dengan kekuatan prosesor yang quad core, tablet ini berkinerja memuaskan. Yang perlu diingat, Google Nexus 7 hanya sekedar tablet biasa, tidak ada kemampuan koneksi selular GSM dan CDMA, semua bertumpu pada koneksi WiFi. Kamera utama tidak ada di tablet ini, menjadikan kemampuan imaging tablet ini terbatas. Meski ada bekal built in NFC (near field communication), tapi nampaknya fitur ini belum banyak berguna untuk saat ini.

 

Asus Google Nexus 7 ditenagai dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 4325mAh. Dalam uji coba, tablet dapat bisa bertahan sampai 48 jam. Baterai akan cepat terkuras bisa Anda menghidupkan fitur NFC. (sumber: selular.co.id; http://indotelcommunity.com/asus-google-nexus-7.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close