Iptek dan Lingk. HidupKesehatan

Manfaat kunyit putih

TRIBUNJABAR.CO.ID – Manfaat kunyit putih menjadi salah satu tanaman obat tradisional yang digunakan banyak orang untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Kunyit putih tidak seperti kunyit kuning yang biasa ditemui, karena agak jarang tanaman ini dijadikan untuk bumbu memasak.

Kunyit putih, sejenis umbi yang berbuah tahunan- rimpang bulat dan berwarna putih hampir seperti kencur. Dikutip dari laman manfaat.co.id, Inilah Manfaat Kunyit Putih Untuk Pengobatan. Kunyit putih mampu mengobati berbagai keluhan penyakit, berikut ini resep pengobatan dengan kunyit putih :

Mengobati penyakit maag – Gejala penyakit maag terjadi karena pola makan yang tidak teratur dan memakan makanan yang memicu asam lambung terlalu banyak. Ada baiknya kita mengobatinya dengan kunyit putih agar penyakit tidak semakin parah.

Caranya, Kunyit putih dibersihkan kemudian dipotong-potong. Lalu rebus dengan 500 cc air, rebus sampai airnya tinggal separuhnya. Saring ramuan kemudian dinginkan. Minum selagi hangat dengan ditambahkan madu. Minum 2 kali sehari, dosis 50 cc sekali minum.

Mencegah kanker payudara – Selain kanker serviks, gejala kanker payudara sangat ditakutkan oleh kaum wanita, untuk mengurangi resikon terjadinya kanker ini dapat membuat ramuan dengan manfaat kunyit putih.

Caranya: kunyit putih dan beberapa bahan lain seperti keladi putih di cuci bersih dan dipotong-potong. Rebus dengan air sebanyak 4 gelas, tunggu sampai tinggal setengahnya. Saring dan dinginkan, kemudian minum dengan campuran madu alami untuk pemanisnya.
Yang Terkandung Pada Kunyit Putih
Sebagai tanaman herbal, kunyit putih digunakan sebagai resep pengobatan berbagai ramuan untuk jamu. Rasa yang dihasilkan dari kunyit seperti manfaat kencur atau manfaat temulawak ini tidak enak, namun berkhasiat baik bagi tubuh yang tersimpan pada kandungannya. Kunyit putih mengandung minyat atsiri yang juga terdapat pada manfaat daun kelor.

Selain itu pada penelitian yang banyak dilakukan, ternyata manfaat kunyit putih mangandung sejumlah zat yang mampu mengendalikan gejala kanker karena mampu menahan peradangan dan pembengkakan jaringan tubuh. Kunyit putih ini juga dapat mengatasi keputihan untuk menghindarkan terjadinya permasalahan yang lebih serius seperti gejala kanker serviks.

Efek Samping Kunyit Putih
Meskipun kunyit putih merupakan tanaman herbal yang telah banyak dikonsumsi, namun setidaknya ada beberapa efek samping terhadap penggunaanya :

Kunyit putih bisa didapatkan dengan berbagai bentuk baik cairan atau kapsul. Terlalu banyak mengkonsumsi kunyit dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah putih dan sel darah merah. hal ini jika terjadi secara terus-menerus dapat merusak sel darah merah seperti anemia.

Salah satu kemungkinan saat mengkonsumsi kunyit putih adalah penurunan gula darah. Namun hal ini harus diwaspadai karena jika dikonsumsi secara berlebihan, gula dalam bisa turun drastis. Kondisi ini bisa terjadi, yang dinamakan hypoglycemia atau kondisi tubuh kekurangan gula darah.

Selain sebagai pengobatan tanaman herbal sering digunakan untuk perawatan kecantikan, begitu pula dengan kunyit putih. Namun kunyit putih sedikit berbahaya bagi yang memiliki kulit sensitif karena penggunaan pada kulit secara terus-menerus dapat mengiritasi kulit.

Meskipun kunyit putih sering dijadikan pengobatan alternatif, namun dapat menurunkan keefektifan obat medis jika digunakan secara bersamaan. Sehingga butuh pengawasan dokter jika ingin mengkonsumsinya.

Bagi ibu hamil-menyusui perlu menghindari penggunaan kunyit putih secara langsung (dimakan). Karena kandungan zat dalam kunyit putih dapat membahayakan janin hingga menyebabkan keguguran dan juga gangguan usu besar. (http://jabar.tribunnews.com/2015/07/13/kunyit-putih-ternyata-bisa-mengatasi-penyakit-penyakit-ini)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close