Kesehatan

Minum teh hangat

Minuman teh tanpa gula telah di konsumsi puluhan tahun dan di yakini mengandung manfaat untuk kesehatan. Berbagai macam jenis teh telah terbukti mampu mencegah dan mengobati banyak penyakit.  Teh merupakan bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia, sehingga tidak berbahaya untuk di konsumsi setiap hari.
Kadungan berbagai jenis teh mampu mencegah dan mengobati penyakit yang berbeda-beda. Teh juga di gunakan sebagai minuman terapi penyembuh penyakit oleh orang Cina sejak puluhan tahun. Berikut kandungan teh untuk kesehatan yang perlu anda tahu dan semoga bermanfaat:

 

Teh Menenangkan pikiran

Jika anda sedang mengalami kebosanan, stress, dan banyak tekanan karena banyak tugas, seduh teh dan minumlah selagi hangat, sambil duduk menenangkan diri dan merilekskan nafas. Pasti pikiran anda kembali tenang. Pada teh hitam dan hijau mengandung L-theanine yang dapat menenangkan pikiran dan membuat lebih fokus, setelah anda minum teh.

Teh Melawan Flu

Teh mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mencegah risiko terkena penyakit flu dan serangan penyakit lainnya. Tubuh akan terasa hangat setelah meminum teh.

Teh Regenerasi Kulit

Kandungan flavonoid sangat banyak pada teh, bermanfaat membantu regenerasi kulit, mengaktifkan sel-sel kulit, memberi kekebalan kulit pada polusi, dan mencegah penuaan pada kulit,
sehingga kulit tampak segar dan sehat.

Teh Mengurangi Risiko Stroke

Teh alami mengandung bahan yang baik dan dapat melawan risiko munculnya penyakit stroke. Ada penelitian menyebutkan, dengan mengonsumsi 3-4 cangkir teh tiap hari, dapat menurunkan risiko stroke 20 %. Namun jika anda berisiko penyakit diabetes, sebaiknya jangan gunakan gula.

Teh Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan flavonoid dalam teh selain membantu regenerasi kulit, juga membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga memperlancar peredaran dalam darah. Dengan demikian berdampak baik untuk organ tubuh lain, seperti memompa darah ke seluruh tubuh, jantung sehat, aliran darah pada otak lancar.

Teh Untuk Diet

Jika anda berniat untuk melakukan diet. Lakukan diet dengan bahan alami, sehingga tidak berbahaya dan bertahan lama. Anda dapat melakukan diet dengan rajin minum teh pahit atau teh tawar, tanpa campuran apa-apa. Teh yang tanpa di tambah dengan gula dan bahan manis lain, dapat mengikat
senyawa berbahaya pada tubuh dan lemak yang berlebih.
Sehingga dapat mengurangi berat badan dan melangsingkan perut. Jika anda rajin meminum teh pahit 2 gelas setiap hari, berat badan anda dapat berkurang. Tentu, anda juga harus mengurangi makanan yang banyak mengandung minyak, yang tidak baik untuk kesehatan.

Teh Menguatkan Gigi

Teh juga bermanfaat untuk kesehatan gigi. Khususnya teh hitam, banyak mengandung senyawa antimikroba untuk mencegah gigi berlubang dan dapat menguatkan gigi lebih kuat dan sehat.
Namun yang perlu diperhatikan, jangan terlalu berlebih mengonsumsi teh, karena dapat meninggalkan karang gigi. Untuk melindungi gigi dari karang gigi, setelah beberapa menit minum teh, anda berkumur dengan air putih, atau anda minum teh menggunakan sedotan.

Teh Mencegah Bau Mulut

Teh hitam mengandung zat antioksidan selain baik untuk tubuh juga untuk gigi. Zat antioksidan dapat menawar racun pada tubuh.  Zat antioksidan dan polifenol pada teh dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Sehingga gigi senantiasa terhindar dari bau mulut dan nafas selalu segar dan percaya diri.

Nenek moyang kita sudah menerapkan teh untuk kesehatan gigi. Dulu belum mengenal obat dan dokter gigi. Mereka merawat gigi hanya dengan daun sirih dan teh. Merawat gigi dengan cara minum teh pahit / tawar setelah makan, atau dapat melakukan kumur dengan teh tawar sebelum tidur malam hari. (http://tipskesehatantradisional.blogspot.com/2012/09/manfaat-teh-bagi-kesehatan_1566.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close