Kesehatan

Kebiasaan yang bisa tingkatkan risiko Diabet

KOMPAS.com-Obesitas dan pola makan buruk bukan satu2nya pemicu diabetes. Anda akan terkejut jika tahu ada kebiasaan se-hari2 yang nampak sepele, tapi berbahaya bagi kadar gula Anda.

 

  1. Anda memusuhi kopi

Kopi tidak seburuk yang dipikirkan orang. Studi oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan, mereka yang minum 6 cangkir kopi/hari ber-risiko diabetes tipe-2, 33% lebih rendah dari bukan peminum kopi. Tentu kopinya tidak sarat gula. Ada senyawa dalam kopi yang mengurangi resistansi insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa.

 

  1. Anda hobi bergadang

Jika tengah malam adalah waktu favorit Anda beraktivitas, hati2. Kemungkinan Anda golongan orang berisiko tinggi diabetes. Studi di Korea Selatan menemukan, orang yang suka bergadang lebih berisiko terkena diabetes dibanding yang tidur di waktu normal. Mereka yang bergadang cenderung lebih terekspose cahaya dari TV dan ponsel, menyebabkan sensitivitas insulin meningkat dan regulasi gula darah melambat.

 

  1. Pola makan rendah probiotik

Risiko diabetes meningkat ketika jumlah bakteri jahat dalam pencernaan lebih banyak dari bakteri baik, kata Betul Hatipoglu, MD, pakar endokrin  Cleveland Clinic. Pencernaan perlu bakteri baik : ”probiotik” agar berfungsi normal. Rendahnya probiotik dihubungkan dengan inflamasi yang berujung resistansi insulin. Yogurt adalah salah satu minuman kaya probiotik dan mudah.

 

  1. Sering menggunakan wadah plastik

Memanaskan kembali makanan di dalam plastic, meningkatkan risiko diabetes. Peneliti NYU Langone Medical Center di New York, menemukan dua zat yang biasa ada di produk berbahan plastik dapat meningkatkan resistansi insulin pada anak dan remaja.

 

  1. Tidak cukup mendapat sinar matahari

Anda perlu melindungi dari bahaya sinar UV matahari. Memusuhi matahari bisa membuat terkena DM. Studi Spanyol mengungkapkan vit-D dari sinar matahari berperan penting menjaga kerja pankreas, yang memproduksi insulin dan meregulasi gula darah. Saran Dr. Hatipoglu, jika pola hidup Anda kurang matahari, Anda harus rajin mengonsumsi makanan yang kaya vit-D seperti ikan laut dan sereal.

 

  1. Jarang sarapan

Tidak makan pagi membuat Anda makan berlebihan di siang hari dan meningkatkan risiko terkena DM tinggi. Ellen Calogeras, konsultan diabetes dari Cleveland Clinic diabetes Center mengatakan, ketika tubuh kelaparan,  kadar insulin terganggu, hingga sulit mengontrol gula darah. (Lily Turangan; Bestari Kumala Dewi; Everyday Health dan http://health.kompas.com/read/2016/01/15/115500423/6.Kebiasaan.Sehari-hari.yang.Bisa.Tingkatkan.Risiko.Diabetes)-FatchurR

———-

 

Sajian kesehatan lainnya dapat anda ikuti di bawah ini :

  1. Teori Katase
  2. Khasiat Daun Pepaya

————-

 

Teori Katase
Uji coba dari AS yang populer dengan ” teori Katase “, mengindikasikan manusia itu sehat / tidak yaitu dari kandungan asam darahnya, seharusnya tubuh kita basa bukan asam. Teori itu menyimpulkan 5 rutinitas manusia yang membahayakan :

1. Begadang. Tubuh Menjadi Asam
Jam 1 malam dan masih belum tidur membuat metabolisme tubuh kita jadi endokrin. Endokrin membakar racun dalam tubuh kita, membuat tubuh kita jadi asam. Orang yang suka begadang bakal lebih gampang mendapat penyakit kanker kronis dari mereka yang merokok atau minum beralkohol. Tidurlah sebelum jam 00.

2. Late Night Snack. Tubuh Jadi Asam
Jam 20 ke atas  tidak semestinya memasukan makanan karena tubuh kita bakal bekerja mengolah makanan saat kita tidur. Kondisi ini merusak tubuh kita serta menghasilkan racun.

3. Tidak Sarapan. Tubuh Jadi Asam
Tidak sarapan bukan rutinitas baik. Makan pagi harus seperti raja dan pastikan makanan yang bisa memompa tenaga kita sepanjang hari

4. Tdk Cukup Olahraga. Badan Jadi Asam
Berkeringat karena OR dibawah sinar matahari menolong kita membuang zat2 kotor ditubuh. Karena kesibukan kerja, banyak orang jarang OR.

5. Stress Terlalu berlebih. Tubuh Jadi Asam
Hidup dalam tekanan (stress) mudah membuat tubuh jadi asam serta memancing pertumbuhan kanker.
Jangan biarkan 5 keadaan di atas terjadi pada kita . (Sunarto SA; dari grup WA-VN)-FR

——–

 

Khasiat Daun Pepaya
Berdasar pengalaman dari anak lelaki yang sembuh dari penyakit demam berdarah (DB) setelah sebelumnya kritis di ICU ketika trombositnya di angka 15 dan menghabiskan 15 liter tranfusi darah.
Ayah dari anak ini dapat rekomendasi dari temannya tentang KHASIAT Juice Daun Pepaya Mentah

Setelah minum juice itu, trombosit temannya semula 45 dengan 25 liter tranfusi darah naik cepat jadi 135. Hal ini membuat dokter dan perawat terkejut. Keesokan harinya, temannya itu sudah tidak diberikan tranfusi lagi. Cara membuat Juice tersebut:

– 2 helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain.
– Akan didapatkan 1 sendok makan per helai daun.
– Takarannya 2 sendok makan 1 kali sehari.
Daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas karena khasiatnya akan hilang.

Ingat: Hanya daunnya, bukan batangnya atau getahnya. Rasanya pahit, tapi tetap harus diminum. Pengalaman lain, juice daun pepaya mentah ini didapat seseorang dengan kondisi sangat parah. Orang ini sangat kritis, di paru2nya mulai diisi air karena angka trombositnya rendah. Sampai2 dia kesulitan bernafas. Dokter hanya berkata kekebalan tubuhnya yang akan bisa membuat dia bertahan.

Untungnya, ibu mertua dari pasien ini mendengar tentang juice daun pepaya mentah. Setelah diberikan ke pasien, keesokan hari, trombositnya mulai naik dan demamnya hilang. Juice itu terus diberikan dan 3 hari berikutnya dia dinyatakan sembuh. (Ngreni; dari grup WA 78/79)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close