Kesehatan

Kebiasaan tanpa disadari merusak bentuk tubuh ideal

Brilio.net-Setiap orang tentu ingin punya tubuh yang ideal. Karenanya banyak yang merelakan waktu dan uangnya untuk rutin ber-OR atau mengkonsumsi makanan yang membantu pembentukan tubuh yang lebih baik.

 

Rupanya ada kebiasaan2 se-hari2 yang bisa membuat rusak bentuk tubuh yang ideal. Kebiasaan tak baik ini jarang disadari karena efeknya yang tak langsung terlihat. Berikut ini brilio.net rangkum dari Brightside, Jumat (28/4), 5 kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari rusak bentuk tubuh idealmu.

 

1-Tidak mengatur meja kerja

Jika kita bekerja berjam-jam di depan komputer, maka kita harus memikirkan pengaturan ruang kerja dengan tepat. Yang paling penting di sini adalah menyesuaikan tingkat tinggi meja dan kursimu. Katidaksesuaian tinggi meja dan kursi bisa mengakibatkan ketidaksesuaian tumbuh tulang belakang.

 

2-Pegang HP dengan tidak benar

Sebagian besar orang di era sekarang ini membungkuk saat melakukan browsing melalui smartphone atau laptop tanpa menyadarinya. Padahal hal tersebut tidak baik untuk tulang leher dan membuat orang sulit menatap dengan tegak. Cara yang lebih tepat untuk memegang telepon/tablet adalah dengan menjaganya berada pada sudut yang lurus dengan mata.

 

3-Kesalahan posisi tidur

Penting bagimu untuk selalu ingat menjaga punggung lurus. Tidak hanya saat bekerja, tapi juga saat mengemudi atau tidur. Karenanya saat tidur dalam keadaan miring, setiap orang disarankan untuk menggunakan kasur dengan kelenturan yang masih baik. Karena jika tidak, maka perkembangan tulang punggung tidak akan berjalan dengan maksimal, bahkan terkadang menimbulkan nyeri pinggang.

 

 

4-Membiasakan duduk dengan posisi keliru

Ingat bahwa ketika kamu duduk dalam waktu yang cukup lama, penting untuk memilih di sudut yang tepat. Kesalahan suduh punggung ini bisa membuat tulang punggung tegang dan tertekan.

 

 

 

 

5-Berjalan dengan postur tubuh tidak benar

Cobalah untuk tidak membungkuk dan berdiri dengan cara sebenar mungkin. Yaitu berdiri dan berjalan dengan punggung lurus, kaki di bahu yang melebar. Inilah posisi optimum tulang belakangmu untuk mengangkat seluruh tubuh saat berdiri maupun berjalan.

 

Jangan meletakkan tangan di saku, karena itu membuat tubuh membungkuk. (brl/ton; Irwan Khoirudin; https://www.brilio.net/kesehatan/5-kebiasaan-sehari-hari-yang-tanpa-disadari-rusak-bentuk-tubuh-idealmu-170428c.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close