Kesehatan

Makanan minuman hangat redakan batuk

KOMPAS.com – Batuk atau pilek umumnya disebabkan oleh virus yang akan sembuh dengan sendirinya, tanpa memerlukan konsumsi obat. Selain disarankan untuk beristirahat cukup, dokter juga akan menyarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman hangat untuk meringankan batuk dan pilek.

Dengan mengonsumsi makanan atau minuman hangat, akan membantu meningkatkan aliran lendir di rongga hidung pada seseorang yang sedang mengalami batuk pilek. Hal inilah yang diyakini dapat menghambat perkembangan virus yang menjadi penyebab pilek di rongga hidung.

Tidak hanya itu, dalam sebuah studi yang berjudul “The effects of a hot drink on nasal airflow and symptoms of common cold and flu” juga menyebutkan, minuman-makanan hangat terbukti bermanfaat memberikan perasaan lega dan membantu mengurangi tingkat keluhan akibat batuk pilek yang biasa muncul, seperti hidung tersumbat, batuk, bersin, gatal di tenggorokan, kedinginan, hingga rasa lelah.

Jadi, saat terserang flu dan batuk, perbanyaklah konsumsi sup hangat, air hangat atau teh hangat untuk membantu proses penyembuhan. (Bestari Kumala Dewi; Intisari online dan http://health.kompas.com/read/2015/06/21/182219023/Makanan.Hangat.Redakan.Batuk.dan.Pilek)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close