Aku cinta Indonesia

Kemhub bangun 15 Bandara

Jakarta-Kemhub akan menyelaraskan konektivitas transportasi dengan membangun 15 bandar udara di Indonesia. Pembangunan infrastruktur transportasi udara ini‎ dilakukan dari wilayah terluar dan dekat perbatasan, sehingga visi-misi pemerintahan Jokowi membagi rata kue pembangunan bisa terwujud.

 

“Kemhub tidak fokus membangun di P.Jawa saja, tapi merata ke seluruh pulau di Indonesia” kata Karo Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, J. A. Barata‎, di Jakarta (15/1). Selain membangun bandara baru, Kemhub akan memperpanjang landasan pacu (runway) di 27 lokasi bandara serta rehabilitasi terminal penumpang di 13 bandara.

 

Sejumlah bandara di pulau terluar yang dibangun yakni Kep-Anambas (Prop Kepri) serta P-Miangas (Prop Sulut) yang berbatasan dengan Filipina. Kawasan timur Indonesia : Maluku dan Papua tak luput menjadi sasaran pembangunan. “Konsep pembangunan Kemenhub tidak Jawacentris tapi Indonesiacentris,”.

 

‎Kemenhub berkomitmen mewujudkan konsep Nawa Cita yang digagas Presiden, yaitu pemerataan pembangunan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan memperkuat daerah2 dalam kerangka negara kesatuan. Kemenhub tahun anggaran 2016 mengalokasikan Rp 5,8 triliun untuk pembangunan, rehabilitasi, dan pemeliharaan prasarana bandar udara.

 

“Hal ini sejalan dengan fokus Kemenhub, yaitu meningkatkan kapasitas serta kualitas pelayanan transportasi,” tutup Barata. (Carlos Roy Fajarta/WBP; Suara Pembaruan dan http://www.beritasatu.com/ekonomi/341670-kemhub-bangun-15-bandara-tahun-ini.html)-FatchurR

—————-

 

Sajian lainnya : PLTG menambah pasokan listrik di Gorontalo

PLTG menambah pasokan listrik di GorontaloLiputan6.com, Jakarta PT PLN merampungkan pembangunan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Gorontalo yang dibangun 19/9/2015 lalu. PLTG ini diuji coba tegangan untuk masuk ke sistem kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo).

 

Direktur Bisnis Regional Sulawesi & Nusa Tenggara, Machnizon Masri mengatakan, percepatan pembangunan PLTG ini menjawab kebutuhan listrik yang semakin hari semakin tinggi di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo).

 

Saat ini beban puncak di Suluttenggo siang hari 325 MW, daya mampu pasok 320 MW. Khusus untuk Gorontalo daya mampu pasok listrik 50 MW; beban puncak 80 MW–85 MW. “Dengan sistem PLTG Gorontalo ini, jawaban kurangnya listrik di wilayah Suluttenggo, khusunya Gorontalo dan meningkatkan rasio elektrikfikasi hingga 84,4%,” ujar dia di Gorontalo, (16/1/16).

 

Gub-Gorontalo, Rusli Habibie menyatakan apresiasi ke PLN dan yang terlibat proyek PLTG ini. Dia harap beroperasinya PLTG ini menambah daya mampu pasok listrik di Gorontalo. “Terima kasih kerja sama yang apik dengan semua pihak serta kerja keras PLN, sehingga proyek PLTG Gorontalo bisa rampung dan diharap bisa masuk sistem sehingga bisa menambah pasokan listrik masyarakat Gorontalo”.

 

PLTG Gorontalo Masuk Mega Proyek 35 Ribu MW

Direktur Bisnis Regional Sulawesi & Nusa Tenggara PLN Machnizon Masri mengatakan, PLTG Gorontalo adalah pembangkit listrik pertama yang rampung dalam mega Proyek 35 ribu MW yang targetnya selesai 5 tahun ke depan.

 

“Progres pembangunan PLTG Gorontalo ini cepat, kami berhasil memasang 4 unit mesin pembangkit kapasitas 25 MW, dan hari ini kami juga telah menjalankan pengetesan panel dan trafo di gardu induk (GI) PLTG Gorontalo, semuanya berjalan baik, jika hasilnya stabil seperti ini saya optimis proses masuk sistem akan segera terealisasi dalam 24 jam”.

 

Untuk pemasangan 4 unit pembangkit kapasitas masing2 25 MW telah dilakukan. Dua di antaranya dipastikan berhasil melalui sejumlah uji coba, mulai uji coba tegangan, pengecekan kabel konduktor dan isolator, pengecekan panel serta uji coba penyaluran tegangan masuk melalui Gardu Induk.

 

700 pekerja terlibat proses percepatan pembangunan PLTG di desa Maleo, kec-Paguat, kab-Pohuwato, prop. Gorontalo. Tahap pertama, 2 unit masing2 25 MW berhasil melalui uji coba sistem dan tegangan, dengan masuknya 2 unit pembangkit 25 MW akan menambah 50 MW sistem kelistrikan Sulutgo.

 

Dua unit mesin lain, segera masuk sistem listrik Sulutgo akhir Februari 2016. “Cepatnya pengerjaan proyek PLTG Gorontalo ini wujud nyata keseriusan PT PLN mengejar target pembangunan tenaga listrik 35 ribu MW yang jadi program prioritas pemerintahan Jokowi-JK dibidang infrastruktur kelistrikan”.

 

Secara bersamaan PLN telah berhasil merampungkan, gardu induk PLTG Gorontalo, serta pembangunan 6 tower saluran udara tegangan tinggi (SUTT) PLTG Gorontalo–gardu induk Marisa berkapasitas 150 KV dengan panjang 1,4 kilo meter sirkit (kms). (Dny/Ahm; Septian Deny; http://bisnis.liputan6.com/read/2413348/pltg-menambah-pasokan-listrik-di-gorontalo)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close