Kesehatan

Prostat dan Kedelai-tomat

KOMPAS.com-Prostat adalah momok yang menghantui pria usia lanjut. Upayakanlah pencegahan ini dibiasakan sejak muda. Salah satunya mengonsumsi tomat dan kedelai. Kombinasi tomat-kedelai berefek lebih baik mencegah prostat. Mengonsumsi keduanya bersamaan memberi efek yang lebih baik daripada dimakan satu-satu.

Sudah dipublikasikan dalam jurnal Cancer Prevention Research, kombinasi dua makanan ini efektif mencegah kanker prostat. Peneliti dari University of Illinois di Urbana-Champaign dan Ohio State University mencoba pada tikus untuk menguji kemampuan kombinasi ini. Mereka sudah merekayasa gen dari tikus agar dapat mengembangkan sebuah bentuk agresif dari kanker prostat.

Mereka memberi makan tikus dengan bubuk tomat yang mengandung 2% kedelai, sementara ada kelompok tikus yang diberi makan tomat atau kedelai saja. Hasilnya, tikus dari grup kombinasi tomat dan kedelai 45% mengalami kanker prostat. Angka ini dibandingkan dengan tikus dari grup tomat, yaitu sebanyak 61%, dan grup kedelai 66%.

Para peneliti mengatakan, jika diaplikasikan pada manusia dewasa, hasil ini dapat diterjemahkan dengan konsumsi tiga hingga empat sajian tomat per minggu dan satu hingga dua sajian kedelai setiap hari.

Mereka juga mengatakan, sajian alami yang diperoleh dari buah tomat dan susu kedelai lebih memberikan manfaat daripada suplemen likopen dan kedelai. Alasannya, kandungan secara keseluruhan makanan dapat menambah efek dalam melawan sel kanker. (Go Hwie Khing; Sumber : Medical Daily; Editor : Asep Candra)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close