Kesehatan

Peduli ginjal

Salah satu organ penting tubuh adalah ginjal, berfungsi menyaring kotoran dan racun darah. Penurunan fungsi ginjal sering tidak terdeteksi. Padahal, kerusakan ginjal berakibat fatal. Penderita menjalani cuci darah yang biayanya mahal dan juga dialisis. Jika kondisi tak mungkin, penderita harus transplantasi ginjal yang biayanya selangit.

 

Berkaitan ginjal, ada hari spesial yang mengingatkan kita pentingnya ginjal. Hari Kamis minggu kedua bulan ketiga adalah hari khusus itu. Pada hari itu, diperingati Hari Ginjal Sedunia atau  World Kidney Day. Untuk tahun ini jatuh bertepatan dengan hari Kamis 14/03/2013.

 

Beberapa organisasi / perkumpulan peduli kesehatan memperingati Hari Ginjal Sedunia dengan membagi brosur, pemeriksaan kesehatan gratis, dan seminar gratis untuk umum. Kegiatan itu bertujuan mengkampanyekan pentingnya menjaga kesehatan ginjal.

 

Kesehatan ginjal berpengaruh pada kebugaran tubuh. Ginjal akan bekerja lebih keras bergantung kepada makanan-minuman yang dikonsumsi. Penggunaan obat kimia menambah berat kerja ginjal. Pola hidup tak sehat seperti jarang OR, sering menahan kencing dan kurang minum air putih kian memperparah kesehatan ginjal.

 

Apa lagi yang harus kita perhatikan juga untuk kesehatan ginjal? Rutin memeriksakan kadar kolesterol, tekanan darah, menghindari stres, rokok dan mengkonsumsi obat atau suplemen sesuai takaran.

 

Penyakit seperti diabetes, kegemukan dan darah tinggi dapat memicu timbulnya penyakit ginjal. Pesan Hari Ginjal Sedunia ini mari kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. (http://kabarinews.com/peduli-ginjal-di-hari-ginjal-sedunia/53605)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close