Hobi danKetrampilan

Cappucino latte ala sendiri

Ghiboo.com – Biasanya Anda menikmati cappucino Latte di cafe/resto. Mungkin Anda malas ke luar tapi ingin menikmati Cappucino Latte. Anda bisa buat Cappucino Latte sendiri ala rumahan. Dengan bahan sederhana seperti non dairy creamer dan kopi instan bisa membuat minuman enak mirip dengan yang biasa ditemui di cafe atau coffee shop.
Kunci dari minuman enak ini adalah penambahan bahan seperti cocoa powder dan bubuk cinnamon. Minuman ini juga sangat spesial untuk menjamu teman-teman dekat di suasana santai. Silahkan mencoba resepnya. Bahan-Bahan:
– 1 cangkir non-dairy creamer bubuk
– 1 cangkir minuman instan rasa coklat (cocoa powder)
– 3/4 cangkir kopi espresso instan
– 1/2 cangkir gula putih
– 1/2 sendok teh bubuk kayu manis (cinnamon)
– 1/2 sendok teh bubuk pala

 

Cara Membuat:
1. Siapkan cangkir yang agak besar, campurkan non-dairy creamer, minuman bubuk coklat (cocoa powder), kopi espresso instan, gula putih, kayu manis, dan pala. Aduk rata.
2. Siapkan 2 sendok makan dari campuran di atas ke dalam cangkir minuman Anda, tuang 3/4 gelas air mendidih, lalu aduk-aduk rata.

3. Sajikan saat masih panas.

 

Perhatikan 6 Hal Ini untuk Dapatkan Kopi yang Nikmat

Ghiboo.com – Hampir semua orang, baik pria maupun wanita menyukai kopi. Apalagi di musim penghujan begini, minum kopi rasanya pasti nikmat karena bisa menghangatkan tubuh.  Tapi untuk mendapatkan kopi yang enak setelah diseduh ternyata ada caranya lho. Yuk kita lihat 6 hal yang perlu diperhatikan dalam mebuat kopi:

 

1. Kualitas air

Kualitas air untuk menyeduh kopi harus diperhatikan. Jika menggunakan air keran sebaiknya disaring dahulu. Kemudian perhatikan suhu saat proses perebusan air idealnya tidak boleh hingga mendidih bergolak jika menggunakan coffeemaker.

 

2. Diamkan 30 detik.

Setelah merebus air, diamkan air selama 30 detik sebelum menambahkan atau dicampurkan dengan kopi.

3. Pilih biji kopi

Sebaiknya beli biji kopi yang belum digiling karena akan mendapatkan rasa yang lebih nikmat. Jika membeli kopi yang sudah digiling akan kehilangan rasa dan kesegarannya. Kemudian seduh kopi pada coffeemaker atau langsung di dalam cangkir atau mug sebagai kopi tubruk.

 

4. Pakai kertas filter

Masukkan bubuk kopi di filter kertas atau logam didalam corong coffeemaker, yang diatur melalui kaca atau pot keramik kopi.

5. Jangan masukkan dalam kulkas

Jangan simpan kopi didalam freezer atau lemari es, tetapi simpan pada suhu ruang. Rasa kopi juga ditentukan oleh tempat penyimpanan. Suhu ruang bisa membuat rasa kopi menjadi enak dan kopi dapat bertahan selama seminggu atau lebih.

 

6. Taburi garam

Jika ingin rasa pahit pada kopi hilang, taburi sedikit garam pada cangkir untuk memberikan rasa yang lebih baik pada kopi Anda. Sajikan dan nikmati kopi selagi hangat agar tak kehilangan rasa dan aromanya.

 

Berbagai Teknik Menyeduh Kopi

Ghiboo.com – Menyeduh kopi ternyata bukan hanya sekedar mencampurkan air panas dengan bubuk kopi ke dalam gelas. Terdapat berbagai teknik untuk menyeduh kopi untuk mendapatkan rasa yang berbeda. Berikut berbagai teknik menyeduh kopi yang dapat dilakukan di rumah dilansir dari yumsugar.com.

 

Single Brew

Menyeduh dengan cara ini adalah yang paling mudah. cukup dengan mesin pembuat kopi single-brew seperti Nespresso, Verismo, and Kerig. Masukkan air dan bubuk kopi biarkan mesin menyala untuk menghasilkan kopi dengan tingkat kekentalan yang sesuai dengan kemauan Anda.

 

Mesin Pembuat Kopi Standar

Dengan alat ini Anda dapat menghasilkan beberapa cangkir kopi. CUkup dengan tuangkan dua sendok makan kopi bubuk untuk menghasilkan 2 hingga 3 cangkir kopi.

 

Metode Pour Over

Pertama siapkan kertas penyaring kopi, letakkan bubuk kopi di atas kertas filter dimana dibawah filter tersebut terdapat gelas. Kemudian, tuangkan air panas dari teko ke bubuk kopi lalu tunggu hingga kopi mengendap dan air yang telah bercampur kopi menetes ke dalam gelas.

 

French Press

Gunakan teko transparan yang memiliki penyaring yang dapat ditekan ke bawah. Cukup masukkan kopi di bawah penyaring, masukkan air panas secukupnya aduk sebentar, kemudian tekan sesuai kemauan Anda.

 

Cold-Brewed Coffee

Ini merupakan teknik mendapatkan minuman kopi dingin. Tuang air panas dengan bubuk kopi ke dalam gelas, aduk perlahan. Lalu tutup gelas dan biarkan suhu kopi menurun selama 12 jam. Setelah itu, perlahan saring campuran kopi dengan filter kertas, yang memakan waktu ± 5-10 menit.

 

JIka kopi tampak keruh, saring kembali dengan kertas filter baru. Minuman kopi ini merupakan sari kopi yang dimampatkan, simpan ke dalam kulkas, jika suatu saat Anda ingin meminumnya, cukup encerkan dengan air atau susu sesuai dengan keinginan Anda. (AndreW)

 

Catatan :

Kita telah banyak mengetahui dari “Gerakan berparadigma sehat”diantaranya, marilah kita pilih asupan yang diperlukan tubuh bukan apa yang aku (lidah) mau. Kopi jenis apapun bukanlah asupan sehat, minimalkan atau hindari-(FatchurR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close